Silaturahmi lewat mancing bareng

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Keakraban Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Majelis Dzikir dan Solawat (Mazolat) Pilar Jagat bersama pengurus inti dan jema’ah selalu menjalin silaturahmi. Selain eksis melalui aksi gerakan keagamaan ‘Bersolawat’ juga dikenal masyarakat karena keakrabannya. Seperti halnya sambil diskusi konsep program solawat akbar sambil mancing juga ngaliwet bersama di Kampung Kabandungan, Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah, Selasa (22/1).

Setiap satu minggu sekali atau dua kali selalu menjalin silaturahmi. Baik itu diskusi di kobong (pondok pesantren,red), main ke rumah rekan dan jema’ah atau silaturahmi cara lainnya. Memancing bukan hal tabu di kalangan masyarakat, selain hiburan terasa indah dimana saat detik-detik mendapatkan ikan menggunakan alat pancing kail dan sebatang pancingan dari batang kayu. 

” Kebiasan warga Cianjur sebagian besar itu suka atau hobi akan memancing. Bila hari libur selalu menyempatkan waktu,” kata, salah satu pengurus inti Mazolat, Teguh juga seorang anggota Polri.

Ia menambahkan, sepintas memancing ikan terlihat sangat mudah, tinggal lemparkan kail, telah diberi umpan. Namun, kenyataannya tidaklah demikian, karena memancing juga perlu kesabaran, pengetauan dan keahlian juga.

“Jangan salah, mancing itu ternyata susah juga dan memang butuh kesabaran,” aku Teguh.

Nampak terlihat siang itu tidak seperti biasanya, salah satu kolam milik warga Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah ada beberapa pengurus inti DPP Mazolat Pilat Jagat memenuhi kolam pancing ikan yang cukup luas juga. 

” Sekali-kali hiburan, sambil manfaatnya waktu silaturahmi dengan pengurus lebih baik pergi memancing. Jangan salah memancing juga biayanya murah alis irit diongkos. Artinya tidak menghabiskan biaya banyak,” ujar, Idan Eka (40) dan, Eri (41) dua pengurus Mazolat lainnya sambil menarik alat pancing dipegang oleh tangan sebelah kanan dapat narik ikan.

Tempat hiburan di Cianjur seperti memancing banyak sekali tempat atau lokasinya, bukan hanya di kolam saja. Seperti kali, sungai dan tempat wisata diantaranya laut, kolam jaring apung (KJA) dan danau serta tempat lainnya. 

Sementara, Pimpinan DPP Mazolat Pilar Jagat, Aang Zain mengatakan, jangan salah memancing juga butuh kesabaran dan ketangkasan untuk menarik ikan yang kena umpan oleh alat pancing digunakan oleh seorang misal hobi memancing.

” Nah, hobi memancing memang bukan hanya suatu kegiatan untuk melepas kepenatan dan stress dari segala aktifitas harian. Selain silaturahmi dengan pengurus,” katanya.

Konteknya ini sekedar hiburan saja, tidak begitu hobi juga sih? hanya ajang silaturahmi saja supaya akrab dan selalu menjalin silaturahmi dengan pengurus. Kebetulan ada yang mengajak memancing, sambil ngaliwet bersama dengan pengurus sekaligus diskusi konsep program ke depan akan penyelenggarakan ‘Solawat Akbar’ lagi nanti. 

” Rencananya solawat akbar dan berzikir akan digelar di Kecamatan Agrabinta, Cianjur Selatan berikutnya secara berkesinambungan,” ujar, Aang Zain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here