Jalur Alternatif Cianjur Sukanagara Tertimbun, Warga Bahu-Membahu Evakuasi Material Longsor

0
29

Laporan : Taufik Winata

Editor : Yanto Hidayat

CIANJUR,Metropuncaknews.com – Puluhan warga bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa Sukamanah bahu membahu mengevakuasi longsoran tanah yang menutupi jalan alternatif Cianjur – Sukanagara, Sabtu (17/09/2022).

Tanah yang dievakuasi warga itu merupakan material longsor tebing setinggi kurang lebih 15 meter, yang terjadi di kampung Neglasari desa Sukamanah kecamatan Cibeber Cianjur Jawa Barat, pada hari Jumat (16/09/2022) sekira pukul 19.00 WIB, saat hujan lebat mengguyur wilayah kecamatan Cibeber dan sekitarnya.

Ketua BPD Sukamanah, Hendi Rohendi menjelaskan, pihak pemerintahan desa Sukamanah telah berkoordinasi dengan BPBD kecamatan serta Damkar WMK Pos 5 Cibeber.

“Kami dari pemerintahan desa Sukamanah sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD kecamatan dalam hal ini Retana, serta Unit Damkar WMK Pos 5 Cibeber,” ucapnya.

Ada sekitar 1600 warga Desa Sukamanah yang tinggal di kedusunan tiga yang aktifitasnya terhambat, akibat jalan menuju kantor desa ataupun kota kecamatan tertutupi material longsor.

Mengingat pentingnya akses jalan tersebut, pemerintah desa Sukamanah pun menerjunkan sekitar 70 warga untuk mengevakuasi material tanah.

“Kami berusaha mengangkat tanah semenjak pagi tadi dan alhamdulillah untuk pengendara kendaraan roda dua sudah bisa melintas walaupun jalanan cukup licin,” ungkap Hendi.

Direncanakan saat material longsoran telah dievakuasi, Tim Damkar WMK Pos 5 Cibeber akan membersihkan jalan dari sisa lumpur sehingga jalan dapat dilintasi oleh warga dengan aman.

“Untuk saat ini kendaraan roda empat belum bisa melintas,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here