Pembangunan Jalan di Desa Karyabakti

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Jalan sepanjang  600 Meter yang masuk  Jalan Penghubung Kampung Cibandeng, Batu Kunti juga Cisedong RT 01/05, Desa Karyabakti, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan, Jawa barat, terlihat mulai mulus oleh coran beton

Pembangunan dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kerja (TPK) bersama warga. Semula jalan itu terjal becek dan berlubang. Kini jalan tersebut menjadi jalan mulus.

Sambutan baikpun berdatangan dari 4500 warga Desa Karyabakti. Karena dengan adanya pembangunan jalan Kampung Batu Kunti yang menghubungkan jalan poros Desa Sukapura, Karyabakti juga Desa Cinerang sangat membantu warga.

Anggaran yang digunakan bersumber dari Dana Desa (DD)  tahap satu tahun 2019, dengan nominal Rp. 331.040.000,- (Tiga Ratus Juta Tiga Puluh Satu Juta Empat Puluh Ribu Rupiah.

Kepala Desa Karyabakti yang sudah menjabat dua periode,  Suhadi (39) mengatakan, selama masih ada jalan-jalan desa yang kondisinya masih rusak parah, pembangunan pengecoran jalan desa akan terus dilakukan secara bertahap dan berkesinambugan.

Suhadi menegaskan, pihaknya hanya menjalankan undang-undang desa terkait dengan penggunaan Anggran Dana Desa (DD). Pembangunan akan terus digenjot. Mulai dari jalan pelosok desa seperti  Tipar, Cibandeng, Batu Kunti, Cisedong, Cibungur dan Tugu. Hingga semua jalan desa terus menyambung ke beberapa kampung. Seperti Cibandeng, dan Cigadog.

“ Selain pembangunan jalan kami juga membangun jembatan jalan penghubung Kampung Tipar, Cibandeng dan Tugu serta Cibungur,” kata Suhadi saat hubungi via telepon selulernya, Selasa (9/4) pagi.

Tujuan utamanya, masih kata Suhadi, adalah ingin menata Desa Karyabakti menjadi desa yang maju. Seperti desa yang ada di kota-kota dan sudah mempunyai nama besar.

Suhadi juga menyebutkan, pihaknya ingin membuktikan bukan hanya desa yang dikota saja yang bisa membangun, tetapi desa di pelosok pun bisa membangun. “ Meski pun secara bertahap, perlahan tapi pasti,” ujarnya menegaskan.

Saat ini total luas jalan desa mencapai 3.5 KM. Termasuk ke jalan Desa Karyabakti, baru selesai dibangun cor beton sekitar 2.9 KM dari Anggaran DD tahun 2018. “ Dalam proses pengerjaannya pemerintah desa melihat TPK dan swadaya masyarakat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here