Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Akses jalan penghubung Cianjur Selatan-Bandung yang berlokasi di Kampung Cikondang RT 02/06, Desa Malati, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur yang sempat tertutup material longsor, kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Kendati sudah bisa dilewati kendaraan. Namun petugas dilapangan masih memberlakukan sistem buka tutup, karena hanya dapat lintasi satu jalur saja.

Kapolsek Naringgul Iptu Badru Salam, mengatakan, lintas Cianjur selatan-Bandung, saat ini sudah bisa dilalui setelah petugas gabungan melalukan pembersihan material longsor.

“Sejak tadi subuh jalan sudah dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun mobil. Namun hanya satu jalur yang bisa digunakan, karena itu kita memberlakukan buka tutup,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (25/12/2021).

Ia menyambungkan, jalur penghubung itu sudah bisa dilalui kendaraan, setelah material longsor seperti tanah, bebatuan dan pohon yang menutupi badan jalan usai dibersihkan.

“Dalam upaya penanganan material longsor itu, satu unit alat berat, dan dua dump truk di kerahkan untuk mengangkut tanah yang menutupi badan jalan,” ucapnya.

Ia menambahkan, sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari Retana, PUPR Jabar dan anggota Polsek Naringgul masih berada dilokasi kejadian, karena proses penanganan masih dilakukan.

“Setengah badan jalan masih tertutup oleh tanah, proses pembersihan pun masih berlangsung hingga kini. Selain itu kami juga mengimbau warga yang melintasi jalan itu untuk berhati-hati karena jalan lincin, serta dikhawatirkan adanya longsor susulan,” katanya.

Diketahui, sebelumnya Ruas Jalur penghubung Cianjur Selatan-Bandung sempat terputus setelah Tebing setinggi 25 meter di Tanjakan Cikondang di Kampung Cikondang RT 02/06, Desa Malati, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur longsor setelah hujan deras dengan intensitas tinggi pada Kamis (24/12/2021) petang.

Akibat kejadian itu, material longsor yang dipenuhi tanah dan pepohonan menutupi badan jalan hingga setebal 20 meter. Sehingga arus lalulintas yang mengarah dari Cianjur menuju Bandung mengalami kemacetan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here