Jalan lingkungan yang sedang dicor beton

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Turunnya bantuan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 tahap dua, Pemerintahan Desa/Kecamatan Ciranjang, Cianjur, kini tengah sibuk membangun jalan lingkungan dengan cor beton. Terutama jalan lingkungan berada di Kampung Pakemitan RW 05. Jalan lingkungan yang dicor beton itu sepanjang 121 meter, lebar 2,5  meter dan tinggi 15 Cm. Menurut keterangan, dana untuk pengecoran jalan tersebut akan menghabiskan biaya sebesar Rp. 182 juta lebih.

Sebelum pembangunan jalan dimulai, pihak Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) Ciranjang,  terebih  dahulu mengerjakan  pembangunan Tembok Penyangga Tanah (TPT), saluran drainase yang ada di pinggir kanan jalan lingkungan tersebut. Setelah itu baru ditutup dengan cor beton dan dibangun pula lubang bak pengontrol aliran air.

Kepala Desa Ciranjang, H Deden Efendi mengatakan, dengan tujuan untuk mensejahtrakan seluruh warga,  maka pihak Pemerintahan Desa Ciranjang, setelah turunnya DD tahap dua Tahun Anggaran 2018, maka mennerapkannya pada pembangunan infrastruktur TPT, saluran drainase dan pembangunan cor beton jalan lingkungan sepanjang 121 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 15 Cm. Lokasinya di Kampung Pakemitan RW 05.

Pembagunan tersebut, seluruhnya dikerjakan pihak Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) dibantu organisasi kemasyarakatan Desa Ciranjang. Sedangkan pekerja tenaga kasar, seluruhnya melibatkan warga setempat, karena itu merupakan unsur kearifaa lokal.

Deden menegaskan, dengan ruas jalan yang mulus, maka akan mampu mendongkrak roda perekonomian seluruh warga Cirnjang.

“ Apalagi Kampung Pakemitan RW 05,  merupakan kampung yang berada di tengah perkotaan desa/Kecamatan Ciranjang,” ucap Deden Efendi.

Sementara itu, Ketua TPKD Ciranjang, Dedi Supardi (48) menambahkan, seluruh pembangunan infrasruktur, TPT, saluran drainase dan pembangunan cor beton, seluruhnya dikerjakan pihak TPKD dibantu langsung pihak  lembaga kemasyarakatan desa. Seperti halnya LPM, Karangtaruna Desa dan RT /RW setempat.

Pelaksanaan pembangunan TPT, drainase dan cor beton jalan lingkungan, itu benar harus ekstra cepat. Karena ruas jalan tersebut, tiap hari dilewati seluruh pelajar SDN Cirnjang II, TK, PAUD, Diniyah Al-Maarif. Ruas jalan lingkungan Pakemitan, itu satu satunya jalan menuju SDN Ciranjang II dan Yayasan Pendidikan Al-Maarif.

“ Karena itu, pengerjaanya harus ekstra cepat dan harus ada kerja lembur sampai malam hari, seba kalau bekerja siang saja, siswa SDN Ciranjang II dan YPI Al Maarif akan terganggu,” ucap Dedi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here