Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk membantu meningkatkan aktivitas masyarakat sekaligus meningkatkan roda perekonomian,  Pemerintahan Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang, Cianjur, sekarang ini sedang sibuk mencor beton jalan lingkungan. Yakni jalan lingkungan  di Kampung Pasir Kawung Kapling RT 02/14, dengan ukuran panjang 221 meter, lebar 3 meter.

Pembangunan cor beton jalan tersebut, dibiayai dari Dana Desa (DD) tahap III tahun anggaran 2019. Sebagai tanda dimulainya pembangunan jalan tersebut, Camat Ciranjang Wahyu (56) melakukan peletahan batu pertama. Sekaligus menumpahkan adukan yang ada di mesin Molen ke tengah jalan yang mau dibangun. Setelah itu diteruskan Kepala Desa, Babinmas, Babinsa dan Ketua BPD Ciranjang, Kamis 12/12.

Camat Ciranjang Wahyu menjelaskan, pada dasarnya seluruh desa yang ada di Kecamatan Ciranjang, sudah selesai melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan.  Pembangunannya didanai dari berbagai program pemerintah Pusat, Provinsi dan dari Pemerintahan Kabupaten Cianjur, anggaran tahun  2019.

Namun pembangunan yang didanai DD tahap III, anggaran tahun 2019 baru dua desa. Yaitu, Desa Ciranjang dan Desa Gunungsari. Sedangkan desa lainnya masih dalam proses pencairan DD tahap III.

Maka dengan adanya itu, diharapkan anggaran DD tahap III bisa terserap seluruh desa yang ada di Kecamatan Ciranjang akhir tahun 2019. Hingga mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh warga desanya masing – masing.

Sementara itu, Kepala Desa Ciranjang H. Deden Ependi menambahkan, anggaran DD taahap III seluruhnya diterapkan pada pembangunan bangun Rabat Beton Jalan lingkungan. Seperti rabat beton jalan lingkungan di Kampung Pasir Kawung RW 14 sepanjang 221 meter, lebar 3 meter dan pembangunan Tembok Penahan Tanah  (TPT) sepanjang  200 meter. Selain itu, dibangunkan rabat betonnya sepanjang 1000 meter dan lebar 1,2 meter, yang berlokasi di Kampung Curug RW 06.

“ Semoga dengan adanya pembangunan tersebut dapat membantu meningkatkan aktivitas warga dan mampu menunjang kesejahtrakan seluruh warga Desa Ciranjang dan warga desa lainnya,” ucap Deden.

Dilain pihak, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Ciranjang, Dedi Ajink Supardi menjelaskan, pembangunan rabat beton jalan lingkungan dan TPT  pinggiran jalan lingkungan, seluruhnya dilaksanakan pihak TPK. Selain itu juga dibantu pihak organisasi kemasyarakatan yang ada di Desa Ciranjang.

“ Kami merasa bersyukur, karena saat melaksanakan pengerjaan pembangunan jalan terlaksana dengan tertib, aman dan lancar,” ujar Dedi pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here