Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk membantu meningkatkan kesejahteraan warga, Pemerintahan Desa Ciranjang Kecamatan Ciranjang, Cianjur, belum lama ini melakukan perbaikan jalan desa. Yaitu dengan mencor beton jalan desa yang sudah rusak. Seperti jalan Kampung Pasir Cempa sampai dengan Kampung Pasir Karamat. Jalan sepanjang 1,373 meter, lebar 3 meter kini telah mulus di cor beton.

Pembangunan cor beton jalan tersebut, dibiayai dari Dana Desa (DD) tahap 1dan tahap 2, tahun anggaran 2019. Sedangkan pengerjaannya dikerjakan langsung pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dibantu pihak  lembaga kemasyarakatan yang ada di desa setempat. 

Kepala Desa Ciranjang, H. Deden Efendi menjelaskan, pembangunan cor beton jalan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Desa Ciranjang. Karena ruas jalan Pasir Cempa dapat menembus ke perbatasan jalan desa lainnya. Hingga jalan tersebut kerap kali dijadikan jalan anternatif menuju wilayah desa lainnya. 

Selain itu, dengan adanya jalan yang layak pakai akan mampu memperlancar arus lalu lintas. Hingga hasil pertanian dan perkebunan masyarakat dapat diangkut dengan cepat. Terutama saat panen padi, palawija dan hasil panen sayuran yang ditanam para petani warga Desa Ciranjang dan warga desa lainnya yang berbatasan dengan Desa Ciranjang. Tidak hanya itu saja, sektor pendidikan dan kesehatan akan meningkat pula.

” Dengan adanya jalan yang bagus, akan amampu meningkatkan kesejahtraan masyarakat, seperti  diantaranya meningkatkan ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat,” ucap Deden Efendi. 

Sementara itu, TPK Desa Ciranjang, Dedi Supardi Ajing menambahkan, dengan adanya pelaksanaan pembangunan cor beton jalan Pasir Cempa – Pasir Karamat, pihaknya merasa bersyukur. Karena selama pekerjaan berlangsung mendapat sambutan antusias warga setempat. 

Bahkan, warga yang rumahnya berada di pinggir   jalan, tiap hari kompak membatu menyediakan air minum dan makanan ringan. Tak hanya itu, warga tiap ke RT an menyajikan makan nasi liwet.

“ Atas semua itu, kami ucapkan terima kasih pada para Ketua RT/RW dan masyakat yang telah ikut andil dalam membangun pengerjaan  cor beton jalan, semoga ruas jalan yang baru selesai dibangun tersebut, kuat dan awet,” ucap Dedi Supardi pada awak media.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here