Jalan Ciheulang-Kandang Sapi, kondisinya sangat memprihatinkan

Laporan : Sam As

Cianjur, metropuncaknews.com – Ruas jalan Ciheulang mulai dari Kampung Kandang Sapi Desa Sindangasih sampai Jangga Desa Langensari, Kecamatan Karangtengah,  Cianjur, sepanjang 3700 meter, lebar 3 meter, kondisinya sangat memprihatinkan. Saat musim hujan, banyak kubangan air di tengah jalan, hingga sulit dilalui mobil maupun motor.

Informasi yang dapat dihimpun awak media, rusaknya ruas jalan Kandang Sapi Desa Sindangasih sampai dengan Kampung Jangga Desa Langensari itu akibat terlalu lama tak pernah mendapat perbaikan, hingga belasan tahun.

Karena itu, warga Desa Langensari dan warga Desa Sindangasih, telah beberapa kali mengajukan proposal untuk perbaikan ruas jalan tersebut. Tidak hanya itu saja, warga di dua desa tersebut  masing-masing telah mengajukannya pada Musrenbang Desa dan tingkat kecamatan. Bahkan, dimasukan pula pada RAPBDes. Namun nyatanya hingga kini belum pula ada respon untuk diperbaikinya.

Warga berharap pada pihak Pemerintahan Desa, Pemerintahan Kecamatan Karangtengah dan pihak Pemkab Cianjur, untuk segera memperbaiki ruas jalan Ciheulang. Mulai dari Kampung Kandang Sapi sampai dengan Kampung Jangga Desa Sindangasih.

“ Karena ruas jalan tersebut tiap hari selalu dilalui kendaraan mobil mau pun motor,”  ucap Asep Badag (35) warga Kampung Dengkeng RT 03/01 Desa Langensari.

Sementara itu, Kepala Desa Langensari Komar Budiawan mengatakan, pihak Pemerintahan Desa Langensari  bukannya tidak mau memperbaiki jalan tersebut. Namun karena ruas jalan tersebut milik Pemkab Cianjur.

Seperti halnya beberpa tahun lalu, ruas jalan tersebut telah dimasukan dalam RAPBDes. Malah diprogramkan akan dibangun dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD). Nyatanya tidak diperbolehkan, karena ruas jalan tersebut tergolong milik Pemkab Cianjur.

Mungkin sekarang ini, seluruh warga Desa Langensari dan warga Desa Sindangasih, hanya tinggal bersabar saja. Karena berbagi upaya telah dilakukannya. “ Siapa tahun tahun depan akan dibangun dengan cor beton seperti halnya jalan kabupaten yang ada di kecamatan lainnya,” kata Komar pada wartawan metropuncak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here