Tempat Wisata Gunung Tugu Takokak

Laporan: Sam/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Jajaran pengurus tempat Wisata Cigunung Tugu Takokak Desa Pasawahan Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur, lakukan studi banding ke pengurus Wisata Jangari Mande Cianjur, Rabu (11/8/2021)

Studi banding tersebut, mengenai managenen pengelolaan beserta tata cara penataan tempat wisata. Seperi penataan perahu kayu dan studi banding lainnya. Karena tempat Wisata Cigunung Tugu Takokak dalam waktu dekat akan diresmikan.

Ketua pengurus tempat Wisata Cigunung Tugu Kecamatan Takokak Yandi Madyani (38) memaparkan, kegiatan itu dilaksanakannya, ke beberapa tempat wisata di Cianjur yang sudah berjalan lancar. Khusunya ke tempat wisata Jangari Kecamatan Mande.

Selain belajar managenen administrasi, tata kelola tempat wisata, penataan lokasi dan sekaligus mengambil perahu yang dipesan beberapa waktu lalu. Karena di lokasi tempat Wisata Cigunung Tugu Takokak selain ratusan pohon pinus yang menjadi icon juga adanya situ seluas 300 meter persegi dengan kedalaman 2-3 meter.

Selain itu, ada pula makam pahlawan yang kerap kali dijadikan tempat wisata religi. Lokasinya ada di dalam tempat Wisata Cigunung Tugu. Karena itu perlu adanya managemen dan tata kelola yang pasti.

“ Selain itu, dalam waktu dekat tempat wisata Gunung Tugu Takokak,  rencananya akan diresmikan Bupati Cianjur,” kata Yandi.  

Sementara itu, Ketua Umum Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Cianjur, Hendrawan (45), menambahkan, dengan adanya studi banding jajaran pengurus Wisata Cigunung Tugu Kecamatan Takokak, pihaknya merasa bersyukur dan terimakasih.

Karena melihat para pengurus dan pengelola Wisata Cigunung Tugu, terlihat masih muda belia memiliki potensi yang cukup mumpuni juga kondisi destinasi wisatanya cukup menarik bagi para pengunjung. Sebab selain ribuan pohon pinus yang menjadi icon juga di lingkungannya ada setu alami dengan air tawar yang dingin juga lokasinya cukup luas. Hingga bila ditata dengan serius tidak akan kalah indahnya dengan tempat wisata yang ada di luar negeri.

” Selamat berjuang sahabat, anda pasti bisa dan Takokak akan mampu menjadi kota ternama setelah Cipanas Puncak,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here