H. Ilham Ildi bersama keluarga

Laporan : Badri

Sukabumi, metropuncaknews.com – Masjid Baiturrahman, masjid atas awan di Kampung Cibogo Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Masjid ini dibangun 2 tahun yang lalu serta diresmikan penggunaannya 12 Januari 2018 lalu oleh Ny. Hafni Hasni ibunda H. Ilham Idli.

Masjid yang dibangun H. Ilham Idli di tas perbukitan di Kampung Cibogo ini menelan biaya yang terbilang fantastis. Karena tidak kurang dari Rp 8,5 miliar digelontorkan untuk pembangunan masjid ini. Kendati jauh dari hiruk pikuk perkampungan, akan tetapi atas kehendakNya, Masjid Baiturrahman ini tidak sehari pun sepi dari jamaah. Bahkan bukan hanya dari warga terdekat saja yang datang, tetapi juga jamaah dari wilayah lain di Sukabumi serta jamaah dari beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat.

Bahkan dari propinsi luar Jawa pun bertandang ke Masjid Baiturrahman untuk sholat sekaligus berwisata religi. Sedangkan yang menjadi daya tarik Masjid Baiturrahman ini, selain bangunannya eksotik, indah dan megah serta memiliki view nan luar biasa, juga di sana terdapat satu mimbar yang konon katanya ssianya 623 tahun.

Mimbar tersebut merupakan wakaf yang diberikan oleh keturunan dari Sunan Ampel ke Masjid Baiturrahman ini. “ Ada pun seluruh dana serta biaya operasionalnya ditanggung H Ilham Idli,” jelas Ajat Sudrajat Sekdes Ciengang.

Sementara H Ilham saat dimintai komentarnya terkait kedermawanannya, ia jawab dengan tersenyum dan mengatakan, harta yang kita miliki di dunia yang fana ini hanya titipan sementara. Gunakanlah untuk berderma dan shodaqoh sebagai bekal kita nanti di akhirat yang bakal langgeng dan kekal.

Menurut keterangan, H Ilham setiap tahunnya memberangkatkan warga atau jamaah untuk berumrah dan telah ratusan orang ia berangkatkan untuk beribadah ke tanah suci.

“ Rezeki yang kita shodaqohkan takkan habis justru dengan shodaqoh lah rezeki datang tanpa henti mengalir laksana air,” ungkapnya.

Salah satu kegiata ekonomi bagi warga sekitar khususnya para petani dan perkebun, H Ilham bekerjasama dengan Desa Ciengang dengan memberdayakan warga melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Yaitu dengan mengemas hasil bumi, jajanan, home industriy dengan kemasan menarik. Sehingga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. “Dengan demikian diharap akan dapat membantu meningkatkan sosial ekonomi warga setepat,” jelas Sekdes Ciengang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here