Laporan : Dhani/Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Akibat intensitas hujan yang tinggi, Selasa (20/10), dua kampung di Kecamatan Agrabinta, Cianjur, Jawa Barat digenangi air.

Dua kampung yang terendam air itu adalah, Kampung Padalaksana Desa Sukamanah, dan Kampung Buniherang Desa Mekarsari.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kini  menurut informasi yang dilaporkan Retana Kecamatan Leles, genangan air sudah mulai surut.

” Selain menggenangi dua kampung, terjadi longsoran yang menutupi badan jalan. Sehingga tidak bisa dilalui kendaraan baik roda 4 (R4) dan roda 2 (R2),” keterangan berdasarkan laporan Retana Kecamatan Leles.

Saat dihubungi, Rabu (21/10), Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan di Cianjur, membenarkan akibat tingginya curah hujan kemarin tidak hanya banjir saja, tetapi jalan penghubung antar desa di Kecamatan Leles pun tertutup longsor sepanjang 15 meter dengan ketinggian 2 meter.

” Untuk mengevakuasi longsoran, saya berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menurunkan alat berat,” ujarnya.

Kronologis kejadian, lanjut Irfan, pada saat terjadi hujan dengan intensitas hujan yang tinggi kemarin, air sungai meluap. “Sehingga relawan tangguh bencana pun kami siagakan untuk melakukan mitigasi, serta mengimbau warga untuk segera mengungsi jika air sungai terus meluap,” katanya.

Saat ini, sambung Irfan, petugas dibantu relawan dari Desa Sukamanah dan Mekarsari, masih melakukan pendataan. Selain itu juga mengimbau warga agar segera mengungsi jika air sungai kembali meluap membanjiri perkampungan seperti di Kampung Sukalaksana, Desa Mekarsari, hingga 63 rumah terancam luapan banjir.

” Saat ini petugas dan relawan tangguh bencana disiagakan untuk melakukan pemantauan, seiring tingginya intensitas hujan yang turun,,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here