Bangunan Rumah milik Bupati Buton Selatan (Busel) yang disegel Satpol-PP Kota Baubau

Laporan : Atul Wolio

Baubau, metropuncaknews.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Baubau, akhirnya menyegel sebuah bangunan rumah milik Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani. Rumah yang disegel tersebut terletak di Lingkungan Topa Kelurahan Sula’a Kecamatan Betoambari.

Menurut keterangan, penyegelan rumah tersebut dilakukan karena  bangunan tersebut diketahui belum mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Satpol-PP Kota Baubau, Hanaruddin mengatakan, pihaknya telah berulang kali melayangkan surat teguran pada pemilik rumah. Yakni menghentikan sementara proses pendirian bangunan, hingga izin benar-benar lengkap, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

” Sudah empat kali kita turun ke lokasi untuk ingatkan. Kami terus meminta izin IMB. Tapi tidak ada, makanya kita lakukan penindakan,” Ujar Hanaruddin, saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon. Jumat, pekan lalu.

Setelah penyegelan itu, Satpol-PP disambangi Kabag Tapem Busel, LM. Martosiswoyo. Keterangan pun didapat, jika saat ini bangunan tersebut dalam tahap pengurusan surat-surat di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Baubau.

” Semua surat-surat sementara dalam proses di Dinas Pekerjaan Umum,” Kata Kasat Pol-PP, usai menerima keterangan dari Kabag Tapem Busel.

Lebih lanjut, Hanaruddin menegaskan, siapa pun dia, jika yang dilakukan melanggar ketentuan Peraturan Daerah (Perda) maka pihaknya tak segan-segan melakukan penindakan dan memberikan sangsi tegas. Termasuk pembangunan yang tidak mengantongi IMB.

” Dari beberapa Minggu lalu, kami itu sudah melakukan peneguran. Hanya belum diindahkan,” imbuhnya.

Diketahui, penyegelan ini terhenti sampai legalitas lokasi (IMB) dapat dilengkapi oleh pemilik bangunan.

“Bisa cek di Kota Baubau ini, kalau kita temukan bangunan ilegal, maka kita beri sangsi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here