Porseni Tingkat Kabupaten di gelar di Makodim 0608/Cianjur

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Eibuan murid Taman Kanak-Kanak (TK), antusias mengikuti kegiatan Pekan Olahraga & Seni (Porseni) Tingkat Kabupaten Cianjur. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Makodim 0608/Cianjur, Kamis (12/4).

Ada pun tema yang diusung dalam Porseni tersebut adalah, “Menumbuhkan Kreativitas Dan Sportifitas Anak Melalui Pentas Seni Dan olah Raga”. Panitia penyelenggara Porseni tersebut adalah dari IGTKI-PGRI Kabupaten Cianjur.

Kegiatan yang dilombakan, Pupuh Guru dan anak Porseni, tari kreasi, lempar bola, lari estafet, kolase, tahfiz qur’an, menggambar, senam irama anak dan guru TK Tingkat Kabupaten Cianjur.

Ketua Panitia Yeti Heryati,S.Pd.I dari TK Pelita Bangsa mengatakan, pelaksanaan Porseni ini berlangsung hanya satu hari saja. “Jadi  pengumuman pemenang dan pemberian hadiah juga dilaksanakan hari ini,” jelasnya.

Ditemui disela kegiatan, Abah Ruskawan mengatakan, dengan adanya perlombaan seperti ini bisa menjadi motorik bagi siswa usia dini. Karena setelah dewasa kesenian seperti ini, sering terkontaminasi dengan perkembangan jaman.

Karena itu, lanjut Abah Ruskawan, untuk kedepan pihaknya akan duduk bersama dengan orangtua murid, para guru, pemerintahan dan anggota dewan. Hal itu perlu dilakukan untuk membicarakan bagaimana melestarikan serta menjunjung kesenian-kesenian yang suda ada.

“ Kami berharap, semua pihak mau melirik warisan budaya yang sudah ada ini, karena kalau bukan kita siapa lagi,” ujarnya.

Sebagai figur seorang ibu, Dandim 0608/Cianjur Letkol CZI (K) Hidayati S.T.,M.T mengatakan, dengan dilaksanakannya Porseni di Makodim 0608/Cianjur ini, anak-anak akan mengetahui profil angkatan darat. Khususnya satuan teritorial Kodim Cianjur.

“ Karena dengan melihat lingkungan dan keadaan disini, secara tidak langsung, akan mematri dan memicu semangatnya untuk menjadi seorang TNI,” kata Hidayati.

Selanjutnya Hidayati mengatakan, secara pribadi dan staff merasa senang dengan adanya Porseni disini. Karena anak-anak adalah calon pemimpin bangsa dimasa yang akan datang. Jika sejak dini mereka sudah diterapkan disiplin dan rasa tanggung jawab, mereka akan bisa menjadi dirinya sendiri tidak terbawa atau terpengaruh orang lain. Hal tersebut  terlihat dari kekompakan mereka pada saat menunjukan kesenian sunda yang bisa memberikan edukasi.

“ Saya berpesan kepada orang tua agar benar-benar dalam mendidik anak, agar tidak terkontaminasi oleh perubahan jaman, sehingga membawanya kepergaulan bebas,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here