Hujan Deras Akibatkan Longsor dan 5 Unit Rumah Terendam Banjir

0
86

Laporan : Sam Apip

Editor : YH

Cianjur, metropuncaknews.com – Hujan deras yang cukup lama mengguyur kawasan Ciranjang, mengakibatkan terjadinya longsor hingga menutup akses jalan desa dan mengakibatkan 1 unit rumah terendam air.

Longsor dan banjir tersebut, selain akibat hujan deras juga diduga akibat adanya pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) yang berlokasi di Kampung Babakan Curug RT 01/06 Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Senin (27/06 /22) sekitar pukul 20.00 WIB.

Koordinator Retana Kecamatan Ciranjang didampingi Retana Desa Kertajaya Komarudin dan Ahmad MK menerangkan, hujan deras yang cukup lama mengguyur kawasan Desa Kertajaya, membuat sebagian lahan yang dibangunkan TPS3R longsor dan material longsorannya menutupi akses jalan desa hingga menutupi saluran drainase dan mengakibatkan banjir serta 1 unit rumah terendam air.

Maka dengan itu, pihaknya bersama Ketua RT /RW dan masyarakat sekitar langsung berjibaku bergotong – royong mengevakuasi material longsoran yang berupa batu dan tanah, sedangkan pohon tumbang yang sekiranya berat disimpan di pinggir jalan yang dianggap aman.

Rumah yang terendam banjir langsung dibersihkan, akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya pemilik rumah yang terendam banjir mengalami kelelahan dan sedikit panik, ucapnya.

Ia menambahkan, tidak hanya itu saja di Kampung Cibodas RT 01/08 Desa Karangwangi Kecamatan Ciranjang, 4 rumah terendam banjir akibat luapan air dari saluran tersier pembuangan, tinggi air di dalam rumah setinggi lutut orang dewasa.

Saat itu pula Retana, RT, RW dan dibantu masyarakat setempat melakukan upaya memindahkan, mengamankan barang – barang yang berada di dalam rumah yang terendam ketempat yang dianggap aman.

Kejadian tersebut telah dilaporkan pada pemerintah Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dan diteruskan pada Pemkab Cianjur melalui BPBD Cianjur, ucapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here