Poto bersama para peserta Workshop Jurnalistik

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cianjur, Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) menyelenggarakan workshop jurnalistik. Diharapkan, dengan digelarnya workshop tersebut akan  terbinanya insan pers profesional yang sadar akan fungsi dan peranannya dalam bermedia.

Kegiatan workshop jurnalistik tersebut, diselenggarakan di ICMI ORDA Kabupaten Cianjur. Sebanyak 20 kader HMI Cabang Cianjur dari berbagai komisariat, menjadi peserta dalam acara workshop tersebut.
Kegiatan tersebut, dihadiri H. Nanang Rustandi, S.Ag, SH, MH  (Radar Cianjur), Purnama SH (Fotographer), Firman Taufiqurrahman, S.Sos, M.Si (redaktur pojoksatu.id / jawa pos), Misbahudin, S.Ud pegiat media sosial dan Mi’raj Dodi Kurniawan, S.Pd. Pada workshop tersebut, pihak penyelenggara melakukan aktifitas forum dengan metode ceramah, focus grup disscus (FGD), prakter mencari berita dan menulis berita.

Ketua pelaksana kegiatan Yudi Hardiansyah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar program kerja Bidang KPP itu sendiri. Selain itu juga program yang telah disetujui oleh pengurus HMI Cabang Cianjur yang dilaksanakan pada 28 Juli 2018 di Villa Cipendawa Kecamatan Pacet.

Yudi menjelaskan, tujuan dalam menyelenggarakan workshop jurnalistik ini pertama guna memberikan motivasi dan wawasan kepada kader HMI dalam hal kejurnalistikan. Sehingga diharapkan para kader HMI dapat menuangkan gagasan dalam isi hatinya kedalam tulisan yang memiliki makna sebagaimana yang beredar di media cetak ataupun media online.

” Untuk langkah selanjutnya yang paling utama adalah pembentukan Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) tingkat cabang, karena selama saya menjadi kader HMI pada tahun 2013 belum pernah ada organisasi semi otonom HMI (LAPMI), ” ujarnya, Rabu (22/10).
Hal ini juga dibenarkan Ketua Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi HMI Cabang Cianjur dan Ketua Umum HMI Cabang Cianjur. Faisal Anwari menambahkan, Workshop Jurnalistik ini bertujuan untuk mengembangkan potensi bagi para kader yang ada di Kabupaten Cianjur. Kemudian membentuk kembali LAPMI HMI Cabang Cianjur, yang vakum dan sudah lama tidak ada.

Untuk fungsinya sendiri, kata Faisal, sudah jelas karena ada dalam Pasal 5 tentang “Fungsi” PD PRT BAKORNAS LAPMI PB HMI, Secara internal organisasi Lembaga Pers Mahasiswa Islam berfungsi untuk meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas keilmuan, intelektualitas dan profesionalisme anggota HMI di bidang jurnalistik.
” Dalam rangka membentuk watak dan kepribadian anggota sesuai dengan tujuan HMI dan secara eksternal organisasi, Lembaga Pers Mahasiswa Islam HMI berfungsi untuk melaksanakan program kerja HMI melalui darma bakti kemasyarakatan yang berhubungan dengan Jurnalistik,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here