Camat dan Kapolsek Sukaluyu serta jajaran pemerintahan Kecamatan Sukaluyu dan Desa Hegarmanah saat menjenguk Oman di kediamannya

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Malang nian nasib Oman (78), warga Kampung Sukahurip RT 01/04, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur. Ia, hidup dibawah garis kemiskinan. Sehingga tak mampu mengobati penyakit yang sudah dialaminya bertahun-tahun.

Kenyataan tersebut merenggut hati jajaran Muspika Sukaluyu. Dari mulai Kapolsek Sukaluyu AKP Gito S.H bersama Camat Sukaluyu Agus Supiandi, Kaposmil Sukaluyu Pelda Hartono, Kepala Puskesmas Sukaluyu Dr. Nurul Hadi, Kanit Sabhara Polsek Sukaluyu Ipda Kusnadi, Kasi Trantib Kecamatan Sukaluyu Nandi, Kepala Desa Hegarmanah Toni Sutarwan S.E dan Bhabinkamtibmas Desa Hegarmanah Pian Sopian serta bidan desa, ketua RW hingga RT  datang menjenguk Oman, Rabu (9/1) kemarin.

Didapati, kondisi dan keadaan Oman yang bertempat tinggal ditempat yang jauh dari kata layak. Terlebih dalam keadaan miskin dan sakit menahun. Hal tersebut menandakan, pemerintah setempat kurang peka terhadap masyarakat.

Maka, sangatlah wajar jika masyarakat menanyakan kemana pemerintah setempat hingga pemerintah daerah dan pusat. Bukankah dalam Undang-undang Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan, fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”.

Menyikapi hal itu, Kapolsek Sukaluyu AKP Gito S.H, berinisiatif untuk menolongnya lebih serius. Ia menginisiasikan untuk mengadakan rapat musyawarah guna membantu Oman. Baik penanganan medisnya maupun penanganan rumah miliknya yang sudah tidak layak huni.

“Sewaktu melaksanakan giat ‘menjenguk Pak Oman’, didapati dirinya dalam keadaan sakit menahun dan menempati rumah atau tempat tinggal yang tidak layak huni, selanjutnya saya berinisiasi mengadakan musyawarah untuk menolongnya lebih jauh baik mengenai kesehatan maupun tempat tinggalnya,” ungkap AKP Gito S.H, saat dimintai keterangan di akun Instagram @polsek_sukaluyu.

Sementara Kepala Desa Hegarmanah Toni Sutarwan S.E mengatakan,  kegiatan pembangunan Rutilahu milik Oman, di Kampung. Sukahurip Rt. 01/04, dengan cara gotong royong dan swadaya masyarakat. Adapun sumbangan lainnya dari para kades, Puskesmas dan Muspika Sukaluyu. “ Dan alhamdulillah untuk peletakan batu pertamanya, dilakukan olek Kapolres Cianjur,” kata Toni, Kamis (10/1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here