Hasil Assesment Peristiwa Angin Puting Beliung Di Campaka

0
36

Laporan : Sandi

Editor : YH

Cianjur, metropuncaknews.com – Tim BPBD Kabupaten Cianjur sampaikan hasil sementara assesment kejadian angin puting beliung di Kp. Nyangkewok RT/RW 001/004, 003/003, KP. Cikeretir RT 002/004 Desa Cimenteng Kec. Campaka Kab. Cianjur, Kamis 8 September 2022.

Assesement tersebut dilakukan berdasarkan telah terjadinya angin puting beliung dilokasi tersebut yang terjadi pada hari Rabu tanggal 7 September 2022 Pukul 17.00 WIB kemarin.

“Akibat kejadian itu mengakibatkan 4 rumah rusak berat, 8 rumah rusak sedang, 108 rusak ringan di Kp Nyangkewok RT/RW 001/004, dan 003/003 serta Kp. Cikeretir RT 002 RW 004 Desa Cimenteng Kec. Campaka Kab. Cianjur, ” kata Rudi Wibowo Sekretaris BPBD Cianjur.

Setelah menerima adanya laporan kejadian itu, lanjut Rudi, Tim BPBD Kab Cianjur langsung berkoordinasi dengan pihak aparat setempat kemudian meluncur ke lokasi.

“Sesampainya di lokasi tim melakukan assesment terkait kejadian tersebut, serta memberikan arahan agar selalu waspada saat hujan deras, ” ucapnya.

Kondisi bangunan saat ini, sambung Rudi, sedang dilakukan penanganan sementara oleh warga dan relawan dengan melakukan perbaikan atap/genteng, dan penebangan pohon yang sudah tumbang.

“Kerusakan bangunan pertama di Kp. Nyangkewok RT 03 RW 03, 2 rumah rusak berat milik Ahyar 1 KK (3 jiwa) dan rumah milik Manah 1 KK(1 jiwa), 6 rumah rusak sedang dan 46 rumah rusak ringan, kedua di Kp. Nyangkewok RT 001 RW 004, 2 rumah rusak berat milik Muhtar 1 KK (1 jiwa) dan milik Ujang Najmudi 1KK (6 jiwa), kemudian 1 rumah rusak sedang dan 55 rumah rusak ringan dan ketiga di KP. Cikereti RT 002 RW 04, 1 rumah rusak sedang dan 7 rumah rusak ringan, ” terangnya.

Masih dikatakan Rudi, adapun yang diungsikan sebanyak 4 KK, 4 jiwa. Upaya yang dilakukan berkoordinasi dengan pihak desa dan kecamatan terkait terjadinya angin puting beliung dan mengerahkan warga masyarakat bergotong royong memperbaiki atap rumah yang rusak.

“Untuk kebutuhan yang mendesak saat ini terpal/tenda gulung untuk menutup atap yang rusak, ” tutupnya.

Tim yang mendatangi lokasi BPBD Kab. Cianjur, PMI Kab Cianjur, Dinas Sosial, Koramil Campaka, Polsek Campaka, Retana Campaka, Puskesmas Campaka, BFRAD Kab Cianjur dan Rafi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here