Anggota Lanud Abd Saleh tampak sedang menanam pohon

 

Laporan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com – Memasuki hari ketiga bulan penghijauan, Lanud Abd Saleh berhasil menanam 1000 pohon. Hal itu dilakukan sejak Jumat (30/11) hingga Selasa (4/12). Penanaman pohon oleh anggota yang dipantau langsung Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos. tersebut berupa tanaman keras. Yaitu trembesi sebanyak 700 batang pohon dan mahoni 300 pohon.

Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos. disela-sela acara mengatakan, Lanud Abd Saleh akan menanam sebanyak 2000 pohon yang dibagi menjadi 2 tahap. Yakni tahap pertama tanaman keras penghijauan trembesi dan mahoni untuk menghijaukan jalan di perkantoran, komplek perumahan dan di sumber air yang selama ini dialirkan ke Lanud.

” Tahap 2 tanaman keras buah-buahan seperti durian, mangga, 500 jeruk Lemon dan jeruk Siam yang akan ditanam dilahan terpusat sebagai sentra tanaman buah untuk menambah dan melengkapi koleksi buah-buahan yang sudah ada di lingkungan Lanud,” ungkapnya.

Menurutnya, pada Selasa (4/12) Lanud telah menanam 1000 pohon. Baik trembesi maupun mahoni. Bahkan jeruk siam sebanyak 340 juga dalam proses penanaman. Penanaman akan dilaksanaklan bertahap dalam setiap hari oleh anggota Lanud Abd Saleh.

” Penanaman ini tetap akan dipantau sampai selasai, karena ini sangat penting dan diharapkan pada saat musim kemarau Lanud tetap teduh sumber air tidak turun debitnya,  dan buahnya dapat dinikmati personil Lanud, ” papar Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos

Melalui penanaman pohon ini, lanjut Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos., diharapkan selain memberikan manfaat bagi orang banyak, juga menjaga lingkungan, cinta lingkungan yang asri, serta mewariskan kepada generasi penerus agar senantiasa tetap menjaga ekosistem dan lingkungan yang sehat.

Sementara Ketua Greenhouse Angkasa Lanud Abd Saleh Letkol Tek Herybertus menambahkan, di lahan Greenhouse Lanud Abd Saleh seluas 3 ha telah ditanami Cabe besar, Durian Montong sebanyak 70 pohon, mangga 70 pohon, klengkeng Ping Pong sebanyak 49 pohon,  melon Madesta (yellow) 160 pohon, serta  340 pohon jeruk Pontianak & sayuran hidroponik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here