Harga Telur Ayam Di Pasar Ciranjang Meroket

0
71

Laporan : Sam Apip

Editor : YH

Cianjur, metropuncaknews.com – Harga telur ayam di Pasar Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, dari pekan lalu terus meroket, harga semula telur ayam di pasar tersebut Rp 28 ribu kini menjadi Rp 31 ribu /kilogramnya.

Meroketnya harga telur ayam tersebut, dampak dari adanya Bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dijual pada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di setiap desa. Sehingga pasokan telur ayam dari kandang/tengkulak lokal maupun dari Jawa cukup langka.

Salah seorang pedagang telur di Pasar Ciranjang Yudi (42) menuturkan, mulai pekan ini harga telur ayam naik. “Sebelum ada kenaikan harga Rp 28 ribu /kilogramnya dan setelah ada kenaikan menjadi Rp 31 ribu, ” tuturnya.

Yudi melanjutkan, naiknya harga telur ini akibat turunnya program Bansos BPNT yang terima para KPM di setiap desa yang ada di Kabupaten Cianjur. Sehingga pasokan dari tengkulak lokal maupun tengkulak dari Jawa itu cukup langka.

“Terjadinya kenaikan harga telur ini dampak turunnya BPNT, hingga telur ayam di setiap tengkulak menjadi langka,” kata Yudi.

Adanya kenaikan harga telur ayam tersebut dibenarkan Kasubag UPTD Pasar Ciranjang, Irwan Ridwan S.AP, memang benar adanya kenaikan harga telur ayam. Hal itu terjadi lantaran langkanya pasokan dari tengkulak di Jawa tengah dan Jawa timur.

“Diharapkan para konsumen mohon sabar adanya dan semoga harga telur cepat kembali pada harga semula,” kata Irwan.

Irwan menambahkan, di Pasar Ciranjang ini yang harganya naik hanya telur ayam saja, sedangkan daging sapi, ayam dan sayuran tidak adanya kenaikan.

“Jadi yang harganya naik itu hanya telur ayam saja,” tambahnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here