Harga daging di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, jelang puasa mengalami kenaikan

Laporan : Aldan

Cianjur, metropuncaknews.com – Harga daging ayam dalam satu bulan terakhir ini di Pasar Induk Pasir Hayam (PIP) Cianjur, mengalami kenaikan mencapai Rp 35 ribu per satu kilogram. Hal itu diungkapkan para pedagang daging ayam di PIP saat Dinas UKM dan Perindustrian Kabupaten Cianjur menggelar operasi pasar, Rabu (2/5).

Ayi (38) pedagang daging ayam mengaku, satu bulan belakangan ini harga daging ayam mencapai Rp 34-35 ribu per kilo. Hal itu karena harga dari pengusaha ternak ayam mengalami kenaikan.

” Apalagi nanti mendekati puasa  harga daging ayam bisa mencapai Rp 38 – 40 ribu per kilogram,” ujar Ayi.

Menurut dia, tidak stabilnya harga daging ayam tersebut akan berdampak terhadap kurangnya penjualan. Terlebih akan memasuki bulan Ramdahan.

” Saya tadi sudah bicara sama ibu Kapolres untuk bisa secepatnya menanggulangi harga daging ayam tersebut, supaya tidak mengalami kenaikan terus,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas UKM dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, sebetulnya harga daging ayam a tidak seharus mengalami kenaikan. Padahal, setok ayam sudah lumayan cukup.

” Bahkan kami tadi pagi sebelum  melakukan operasi pasar sudah melakukan pengecekan ke pengusaha ternak ayam. Ternyata penyebab kenaikan tersebut disebabkan harga pakan ayam atau (DOC) naik. Karena pakan ayam itu tergantung harga dolar, ” ungkap dia.
Menurut dia, untuk menyetabilkan harga daging ayam agar tidak terus mengalami lonjakan, pihaknya bersama Polres Cianjur akan melakukan pemanggilan pada para pengusaha ternak ayam dalam seminggu ke depan.

” Antisipasinya, kami dalam minggu ini akan melakukan pemanggilan terhadap para pengusaha ternak ayam agar bisa ketahuan pasti yang menjadi penyebab kenaikan daging ayam tersebut,”ucap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here