Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Wacana pemekaran Desa Cihea Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, telah lama dierbincangan masyarakat setempat. Karena selain memiliki wilayah yang cukup luas juga penduduknya sudah mencapai 8000 jiwa lebih.

Calon bupati Cianjur H. Herman Suherman No 3 didampingi Tim Pemenangannya Drs. H. Sapturo ketika melaksanakan kampanye di Kampung Cirenda Desa Cihea, Rabu (21/10) mengatakan, para tokoh masyarakat mengajukan permintaan agar Desa Cihea segera dimekarkan.

Permintaan pemekaran Desa Cihea disetujui H. Herman Suherman dan H. Sapturo yang nota bene sebagai anggota DPRD  Komisi A Kabupaten Cianjur.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa. Cihea Asep Solihin (45) menjelaskan, wacana pemekaran Desa Cihea itu telah lama dibincangkan masyarakat setempat. Ketika Desa Cihea masih bersatu dengan Kecamatan Bojongpicung. Namun saat itu penduduknya masih kurang mencukupi.

Tapi sekarang, selain wilayah yang sudah mamadai juga penduduknya sudah mencukupinya, sekitar 8000 jiwa lebih. Pada kesempatan itu maka pihaknya bersama tokoh masyarakat lainnya mengajukan pada Calon Bupati Cianjur No. 3 dan anggota DPRD Kabupaten Cianjur, supaya Desa Cihea segera dimekarkan.

Permintaan masyarakat tersebut disetujuinya namun baru secara lisan. Untuk secara tertulisnya nanti akan dibuatkan dulu proposal pengajuan pemekaran Desa Cihea yang ditandatangani seluruh elemen masyarakat Desa Cihea. Termasuk Kepala Desa Cihea yang sekarang aktif.

“ Maka dengan adanya itu, semoga setelah selesai pelaksanaan Pilkada Bupati dan wakil bupati, pemekaran Desa Cihea segera direalisasikan,” ucapnya.

Sementara itu H. Sapturo menambahkan, permintaan para tokoh masyarakat mengenai pemekaran Desa Cihea, itu disetujui pihaknya. Karena melihat dari luas wilayah dan jumlah penduduk sudah memadai.

Tapi semua itu harus menempuh prosedur yang ada, sambung Sapturo. Buatkan dulu surat persetujuan dari seluruh masyarakat yang diajukan pada Pemkab Cianjur dan pada DPRD Kabupaten Cianjur. Setelah itu pihaknya akan langsung mendorong permintaan masyarakat. Yaitu pamekaran Desa Cihea.  

“ Namun tentu saja semua itu akan digarap setelah Pilkada Bupati dan wakil bupati selesai dilaksanakan, pamekaran Pemerintah Desa Cihea akan menjadi agenda prioritas,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here