GRN lakukan sosialisasi penyelamatan lingkungan ke desa-desa

Laporan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Gerakan Resik Nusantara (GRN) mulai merambah ke desa-desa untuk melakukan sosialisasi penyelamat lingkungan. Salah satu desa yang baru dikunjungi adalah Desa Cidadap Kecamatan Campaka, Rabu (26/12) kemarin.

Tujuan dari pergerakannya tak lain adalah untuk menindak lanjuti salah satu bagian dari programnya. Yaitu membentuk dan menjadikan salah satu desa yang ada di Kabupaten Cianjur dan menjadikannya sebagai ‘Pilot Project Desa Percontohan’ atau desa binaan GRN. Sehingga nantinya akan menjadi icon desa di Kabupaten Cianjur sebagai Desa Peduli Lingkungan.

Nah, untuk merealisasikan itu tentunya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Salah satu domain terpenting dalam merealisasikan itu semua adalah survey lapangan dan mapping village dari banyak domain yang akan ditempuh kedepannya, kata Ketua GRN, Angga Kamis (27/12).

Adapun upaya yang dilakukannya adalah menemui kepala desa terkait, untuk memudahkan pembentukan tim relawan lingkungan, yang saat ini sudah mulai dibentuk di beberapa desa yang sudah dikunjunginya.

” Insya Alloh mulai hari ini kita akan bergandengan tangan untuk menjadikan desa-desa menjadi desa yang berkembang, maju dan mandiri,” ungkapnya.

Sebagai bentuk upayanya, GRN mencoba melakukan beberapa tahapan gerakan yang diimplementasikan dalam tiga tahapan utama pembangunan. Yakni, Mental Reform, Environmental Improvement dan Enhance Income. Hal itulah yang akan menjadi landasan tahapan pembangunan yang akan dicobanya dengan menggunakan dua metode intervensi sosial. Yaitu intervensi mikro dan mezzo.

Untuk intervensi mikro terdiri dari penanaman nilai, pendidikan, dan pelatihan yang kesemua point itu akan kembali kepada masyarakatnya itu sendiri. Sedangkan intervensi mezzo adalah pengembangan masyarakat yang dituangkan dalam peningkatan kelembagaan, baik di level pemerintah desa dan kelembagaan kelompok  masyarakat.

Angga berharap, dengan skema seperti itu mudah-mudahan desa percontohan atau desa binaan GRN ini bisa terwujud,

“ Melihat dan mendengar apa yang disampaikan oleh GRN, Kepala Desa Cidadap pun merespon baik apa yang  diprogramkan oleh GRN ini, serta siap  dijadikan desa percontohan dan memfasilitasi untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri,” kata dia melalui Angga.

Dalam waktu dekat ini, GRN berencana menggandeng musisi Cianjur untuk mengadakan giat eksekusi sampah di lapang Joglo, dengan tema ‘GRN peduli bencana alam dan peduli lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here