Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Gorong-gorong saluran air irigasi sekunder yang melintasi jalan Raya Nasional di pinggir kiri PT. Ema, tepatnya di Kampung Mareleng RT 01/10 Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Cianjur, kondisinya buruk. Pasalnya, banyak saluran air yang tersumbat. Hingga menghalangi lancarnya arus air. Akibatnya, kerap terjadinya banjir yang merepotkan warga setempat dan pengguna jala raya.

Informasi yang dapat dihimpun di lokasi, luapan air irigasi sekunder  yang mengakibatkan terjadinya banjir. Konon katanya, ditengah gorong-gorong, ada benda yang menghalangi hingga saluran air menyempit. Maka arus air pun tidak lancar. Hal itu terlihat diujung gorong–gorong bagian ilir. Tidak terlihat adanya air mengalir keluar, melainkan terjadi banjir.

Maka dengan adanya itu, warga setempat merasa waswas juga khawatir. Karena ketika hujan lebat tiba, dapat dipastikan akan terjadi banjir besar yang airnya masuk rumah penduduk dan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit bagi warga setempat.

” Seperti pada musim hujan tahun sebelumnya di Kampung Mareleng pernah terjadi banjir besar yang menggenangi rumah penduduk dan jalan raya Nasional dipenuhi air luapan dari irigasi yang gorong – gorongnya mangpet,” ucap Dayat (44) warga setempat yang saat itu sedang berusaha membuang sampah yang mangpet.

Sementara itu, Kepala Desa Cipeuyeum., Entis Sutisna mengatakan, penyebab terjadinya banjir di sekitar lingkungan Kampung Mreleng, Cipeuyeum dan sekitarnya, itu akibat adanya gorong- goreng yang tersumbat. Hingga air tidak lancar dan meluap ke jalan.

Mangpetnya gorong-gorong itu telah lama terjadi. Karena hampir tiap musim hujan terjadi banjir atau ketika giliran pembagian air ke wilayah Cipeuyeum itu sering terjadi banjir seperti sekarang.

“ Kami berharap, pihak PU Pengairan dan Dinas PU Nasional dapat segera memperbaiki gorong-gorong supaya arus air irigasi lancar sampai dilir dan tidak terjadi lagi banjir,” ucap Entis Sutisna, Sabtu (13/06).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here