Goa Jati Jajar

Liputan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com – Goa Jati Jajar merupakan salah satu wisata alam yang di miliki Kabupaten Kebumen. Goa Jati Jajar adalah goa alam yang berada di Desa Jati Jajar Kec Ayah, Kebumen.

Secara geografis, daerah ini terletak di antara Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas di sebelah barat Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo sebelah Utara. Sementara di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Purworejo. Sedangkan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Goa ini berada di daerah Karst atau tanah yang mengandung batu kapur yang ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani pemilik tanah di atas goa tersebut yang bernama “Jayamenawi”

Di dalam Goa Jatijajar terdapat 7 (tujuh) sungai atau sendang tetepi. Namun yang di buka untuk umum hanya 4(empat). Yaitu, Sungai Puser Bumi, Sungai Jombor, Sungai Mawar dan Sungai Kantil.

Menurut warga tiap Sungai atau Sendang mempunyai mitos sendiri sendiri. Sendang Mawar misalnya, airnya jika untuk mandi atau untuk cuci muka, mempunyai khasiat awet muda dan Sendang Kantil jika airnya untuk mandi atau cuci muka niatnya akan mudah tercapai.

Goa jati Jajar mempunyai panjang dari pintu masuk ke pintu keluar sepanjang 250 m, lebar rata rata 15 meter dan tinggi 12 m. Sedangkan ketebalan langit langit 10 m dan tinggi dari permukaan laut 50 m.

Pada tahun 1975, Goa Jati Jajar mulai dibangun dan dikembangkan menjadi objek wisata. Adapun yang mempunyai ide untuk mengembangkan atau membangun Goa Jati Jajar adalah Suparjo Rustam waktu menjadi Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Kebumen saat itu Supeno Suryodiprojo.

Untuk pengelolaannya,  dipegang Pemda Kebumen. Di dalam Goa Jati Jatijajar sudah ada lampu penerangan, trap trap beton untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan yang masuk ke dalam Goa serta pemasangan patung patung Deorama.

Ada delapan deorama patung patung yang di pasang di dalam Goa Jati Jajar. Patung patungnya ada 32 buah yang keseluruhan nya mengisahkan cerita legenda dari Raden Kamandaka-Lutung Kasarung,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here