GRN siap bantu desa atasi masalah sampah

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Cibodas, Pacet, Cianjur, menyayangkan adanya warga yang belum sadar membuang sampah sembarangan. Padahal pihak desa telah menyediakan tempat pembuangan sementara (TPS). 

Menyikapi hal tersebut, Gerakan Resik Nusantara (GRN), merasa perihatin. Krena itu, GRN turun langsung membantu Desa Cibodas mengatasi polemik sampah, Jumat (18/1) kemarin.

Ketua GRN Angga mengatakan, untuk mengatasi polemik sampah ini memang tidaklah mudah. Apalagi tidak ada penggerak yang mengarahkannya.

” Bukan kali pertama, kita mendengar kabar seperti yang dikeluhkan Desa Cibodas ini. Beberapa desa sudah kita sambangi melakukan sosialisasi dan turun langsung ke lokasi untuk mengevakuasi dan mengolah sampah. Intinya kita secara perlahan memberikan edukasi-edukasi tentang kerugian dan keuntungan dari sampah,” kata dia,  Sabtu (19/1).

Adapun yang dilakukan GRN pada Jum’at (18/1) kemarin, menyambangi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tempat mengolah sampah di Kampung Parigi Desa Cibodas dan memantau langsung aliran sungai Cipendawa.

” Ya, alhamdulillah Kepala Desa merespon baik kedatangan kami, Pak Kades merasa sangat terbantu dengan program kita, yang tak lain, upaya untuk menyadarkan masyarakat agar bisa disiplin dan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Amin yang memandu kunjungan GRN kemarin, menginginkan masyarakat untuk disiplin dalam membuang sampah. “ Karena sangat disayangkan apa yang sudah disediakan Desa Cibodas tapi tidak digunakan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here