Laporan : Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto SIK, SH, M.Hum didampingi Kabag Sumda Polres Cianjur Kompol Asep Agustoni SE, MM ikuti acara peresmian Gedung Assasment Center Polda Jabar. Gedung tersebut diresmikan As SDM Polri Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri S., M.M didampingi Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si, M.M, Rabu (22/01).

Gedung Assessment Center Polda Jawa Barat dibangun diatas tanah seluas 429 m2. Pembangunan gedung tersebut dilakukan sejak 19 Agustus 2019. Pembangunnya terlaksana atas kerja sama Polda Jabar dengan Pimpinan Wilayah BRI Bandung melalui hibah anggaran CSR yang mencapai Rp 800 juta. Pada gedung itu terdapat beberapa fasilitas. Seperti diantaranya, ruang cat, ruang diskusi, ruang wawancara, ruang tunggu assessi dan mushola.

Pembangunan Gedung Assasment Center merupakan wujud nyata dari implemantasi 2 program prioritas Kapolri. Yaitu, 1. Mewujudkan SDM yang unggul dan 2. Sinergitas polisional yang proaktif.

Dalam sambutannya As SDM mengatakan, Gedung Assessment Center merupakan salah satu upaya nyata program prioritas Kapolri untuk mewujudkan SDM yang unggul.

“ Assessment Center merupakan salah satu metode yang sampai saat ini hasilnya paling sesuai dalam memberikan saran kepada pimpinan untuk menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat, terutama dalam menilai soft competency”, jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, Assesment Center Polri telah berinovasi dengan membangun virtual assessment dalam penilaian kompetensi anggota Polri dan aparatur sipil negara. Metode mengubah simulasi dalam Assessment Center tradisional menjadi desktop simulations. Yaitu peserta dapat mengikuti simulasi Assessment Center menggunakan computer/laptop dengan tidak menghilangkan esensi dan dapat mengurangi waktu dan biaya.

Assesment Center Polri telah menerapkan Post Assessment Center di seluruh jajaran SDM Polda. Bentuknya dalam program TMCC training, mentoring, coaching dan konseling. Upaya perawatan personil secara terpadu yang melibatkan narasumber, mentor, pembimbing/pelatih dan psikolog untuk mengembangkan kompetensi pegawai negeri pada Polri.

Nantinya Gedung Assasment Center akan digunakan pada kegiatan pengembangan SDM Polri dan kegiatan kerja sama dengan instansi pemerintah lainnya. Selain itu juga dapat dijadikan tempat untuk kegiatan menejemen talenta Polri, promosi jabatan terbuka, pemetaan kompetensi calon pejabat Polri dan seleksi penugasan di luar struktur organisasi Polri.

Acara tersebut dihadiri Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol. Drs. Solichin, S.H, Pimpinan BRI Wilayah Bandung, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jawa Barat, Assesor Polda Jawa Barat Gedung Assasment Center, Para Kapolres dan Para Kabag Sumda Jajaran Polda Jabar serta seluruh staf. Acara ditutup dengan bercengkrama dan foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here