Laporan : Nana Cakrana

PURWAKARTA, metropuncaknews.com – Setelah mendeklarasikan pengukuhan pengurus, Forum Silaturahmi Sunda Sahate (Sisuha) yang diketuai Yusup Saepuloh, S.Pd langsung membuat gebrakan. Ngabar Nguseup atau lomba mancing, merupakan gebrakan pertama yang dibuat forum yang bermarkas di Cluster Grand-K Blok A1 Kampung Karangsari RT 09/02 Desa Citalang Kecamatan Purwakarta ini.

Kegiatan Ngabar Nguseup ini diikuti 24 peserta. Kegiatannya  diselenggarakan di Kolam Pemancingan Cibueuk Kampung Karangsari Desa Citalang Kecamatan Purwakarta, Minggu (16/8).

Pihak panitia lomba tetap menjalankan anjuran pemerintah berkaitan dengan protokol kesehatan dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi Covid-19 ini. Salah satunya dengan membagikan masker pada para peserta.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Abah Sony, maksud diselenggarakannya kegiatan lomba mancing tersebut selain turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-75, juga untuk memperkenalkan pada khalayak seputar keberadaan Forum Sisuha. Pihaknya mengaku gembira atas antusias peserta mengikuti lomba mancing ini.

“ Mereka selain berasal dari anggota Forum Sisuha sendiri, juga ada dari kecamatan-kecamatan lain se-Purwakarta,” terangnya.

Setiap peserta, lanjut Abah Sony, dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp. 60 ribu. Adapun jumlah ikan yang diperebutkan peserta sebanyak 25 Kg ikan mas. Dalam lomba mancing ini, pihaknya menyediakan hadiah utama sebuah mesin cuci. Untuk hadiah utama ini, didapatkan panitia dari sponsor utama yaitu H. Purwanto, M.Pd. Kemudian untuk hadiah kedua berupa kompor gas. Sementara hadiah ketiga yaitu satu buah magic com. “ Selain itu, kami juga menyediakan hadiah jackpot atau kadeudeuh, berupa 3 buah jam dinding,” ujarnya.

Abah Sony yang juga selaku penggagas berdirinya Forum Sisuha, menegaskan, acara ini akan menjadi agenda rutin Forum Sisuha, mungkin dengan periode waktu berbeda. “ Saya berjanji akan meningkatkan hadiahnya dikemudian hari nanti. Yang jelas, dari biaya pendaftaran, hanya cukup untuk menyediakan ikan-ikan yang akan dipancing peserta,” kata Abah Sony mengakhiri.

Di tempat yang sama, Ketua Forum Sisuha Yusup Saepuloh, S.Pd sangat mengapresiasi kerja keras panitia. Sehingga penyelenggaraan lomba mancing ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Menurutnya, kegiatan lomba mancing ini dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi dan membina keakraban diantara sesama anggota Forum Sisuha.

Yusup menerangkan, peserta lomba mancing ini tidak hanya diikuti oleh Keluarga Besar Forum Sisuha saja, akan tetapi dari dinas dan instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta pun ada yang ikut menjadi peserta. “ Contohnya Bapak Drs. Iwan Kartiwan, MM. Beliau kan saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Olah Raga pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta,” ujarnya.

Intinya, lanjut Yusup, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-75. Selain itu, juga dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena menurut dia, kegiatan memancing ini identik dengan berpanas-panasan. Sedangkan Covid tidak akan menyebar pada ruang yang ada panas matahari-nya. “Mudah-mudahan Covid-19 ini segera berakhir,” harapnya.

Dalam lomba mancing tersebut Yayan tampil sebagai juara I. Ia mendapatkan 5 ekor ikan dan berhasil memboyong hadiah utama sebuah mesin cuci. Juara II diraih oleh Didin. Ia memperoleh 4 ekor ikan dan berhak atas hadiah sebuah kompor gas. Sedangkan juara III diraih oleh Opik dan berhak mendapatkan hadiah magic com. Sementara untuk hadiah jackpot diraih oleh Iwan dan Didin. Keduanya berhak mendapatkan masing-masing satu buah jam dinding.

Untuk hadiah pertama diserahkan oleh Ketua Forum Sisuha, Yusup Saepuloh, S.Pd. Hadiah kedua diserahkan oleh Kabid Olah Raga Disporaparbud Purwakarta, Drs. Iwan Kartiwan, MM. Hadiah ketiga diserahkan oleh Cepi Suharyana, panitia acara sekaligus pengurus Forum Sisuha. Sedangkan untuk hadiah jackpot, diberikan oleh Sarif Hidayat dan Riendy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here