Garasi rumah Yuli yang disulap jadi perpustakaan mini

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Berangkat dari kepeduliannya terhadap dunia pendidikan,  seorang bidan muda Yulia Hendrika Sugiharti yang beralamat di Kampung Pasirmuncang Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang-Cianjur. Rela meluangkan waktunya untuk anak-anak supaya gemar membaca. Untuk itu, ia rela menjadikan garasi rumahnya untuk dijadikan perpustakaan.

Saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (22/5), Yuli mengatakan, sedih dan miris melihat anak-anak sekarang. Karena lebih suka main smartphone daripada baca buku. Karena itu, Yuli berpikir dengan ngabuburit produktif agar gemar membaca buku menjadikannya sebagai jendela informasi dunia.

” Ya, ide awalnya hanya ingin meningkatkan budaya (gemar) membaca kepada anak-anak. Jadi dengan ngabuburit membaca, bisa menumbuhkan kembali minat baca buku yang hampir tergantikan oleh gadget,” kata Yuli.

Masih dikatakan Yuli, anak-anak cenderung apatis, cuek dengan lingkungannya. Nah, disini itu (perpustakaan) setiap sorenya anak-anak berkumpul untuk membaca buku-buku yang telah disediakan.

” Saya juga menyediakan buku untuk anak-anak balita lho,” cetusnya.

Pernah ia lupa tidak mengeluarkan buku-bukunya itu. Namun dengan antusias dan minat baca anak-anak yang tinggi, tahu-tahunya rak bukunya sudah digotong keluar. 

” Maka dengan seperti itu, saya jadi tambah semangat untuk mengembangkan perpustakaan mini ini. Apalagi suami saya juga sangat mendukung aksi sosial ini,” ujarnya.

Selain itu, Yuli juga mengajak anak-anak yang belum bisa membaca. Metodenya, Yuli bacakan dulu buku-bukunya sehingga sianak itu mau belajar membaca. “ Dan untuk percepatan membacanya, ya dibimbing lagi sama orangtua atau orang lain,” tambahnya.

Yuli berharap, dengan adanya ngabuburit membaca ini, bisa menumbuhkan kembali minat baca khususnya pada generasi muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here