Karena sedang membangun jembatan, maka akses jalan menuju Kampung Cigurubug Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang dan Desa Sindangjaya sementara ditutup

Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk kelancaran pengecoran jalan Sipon Desa Sindangjaya dan pembangunan jembatan di Kampung Cigurubug Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang, pihak pemborong menutup dua ruas jalan tersebut.

Karuan saja, penutupan jalan tersebut dikeluhkan warga. Terutama warga Kampung Calingcing dan kampung lainnya yang ada di Desa Sindangjaya. Pasalnya, bila warga mau melakukan aktivitas ke luar Desa Sindangjaya, harus rela memutar menggunakan jalan anternatif. Demikian pula bila warga lain yang hendak ke Kampung Calingcing Desa Sindangjaya, harus mengunakan jalan naternatif dan  kadang banyak yang terjebak karena tidak tahu jalan.

Salah seorang warga Desa Sindangjaya yang tiap harinya bertugas di luar Desa Sindangjaya, Unang Relawan  (50) mengatakan, dua arus jalan tersebut merupakan akses jalan menuju Kampung Calingcing yang notabene sebagai tempat rekreasi air. Tempat penghasil ikan dan tempat  buruan para pemancing ikan. Maka dengan ditutup totalnya dua ruas jalan tersebut, banyak penguna jalan yang menyesalkannya.

Karena di ujung permukaan  jalan tidak diberi tanda jalan sedang dibangun dan cor beton serta jembatan sedang dibangun. “ Karena tidak ada pemberitahuan, maka banyak pengguna jalan yang terjebak dan harus mencari jalan lain,” kata Unang.

Karena itu, Unang berharap, pihak pemborong segera membuka akses jalan tersebut. Paling tidak, kendaraan roda dua bisa lewat. Hal itu dipandang perlu segera dilakukan pihak pemborong. Hingga tidak ada pengguna jalan yang merasa terjebak.

” Silahkan jalan ditutup total asal jalan alternatifnya diarahkan dan diberi petunjuk atau membangunnya jangan bersamaan,” tambah Unang kemarin.

Sementata itu, Sekdes Kertajaya Arif Ardiansyah saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/05) mengatakan, memang benar adanya bahwa di jalan Kertajaya menuju Calingcing Desa Sindangjaya, tepatnya di Kampung Cigurubug, sekatang ini sedang  dibangun jembatan. Karena jembatan yang lama rusak berat akibat dimakan usia dan sering dilalui kendaraan besar yang tonasenya melebihi kapasitas.

Maka untuk semetata jalan ditutup total untuk mobil. Sedangkan untuk motor masih bisa menggunakan jalan tersebut. Karena dibangunkan jalan alternattif yang terbuat dari anyaman bambu.

Selain itu, ia mengharapkan pada pihak pelaksana pembangunan jembatan mohon proaktif. Supaya memasang papan pengumuman di depan ujung jalan. Supaya tidak ada mobil yang menuju Calingcing Sindangjaya terjebak. Karena tidak mengetahui adanya pembangunan jalan dan jembatan.

Arif juga mohon, agar akses jalan menuju Calingcing Sindangjaya ditunjukan akses jalan yang bisa dilalui mobil kecil dan mobil besar.  Supaya saat di tengah  jalan anternatif tidak berpapasan yang mengakibatkan kemacetan.

“ Seperti di jalan anternatif Sindangjaya-Sindangsari dan Sengkong Desa Cibiuk, sering mobil berpapasan di jalan yang berada di tengah sawah, hingga terjadi macet total,” ucap Arip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here