Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Penanganganan Covid-19 di Kabupaten Cianjur dinilai baik. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya penambahan kasus positif selama satu bulan terakhir. Semua itu tidak lepas dari peran masyarakat dan berbagai upaya yang dilakukan seluruh instansi yang ada. Salah satunya, melalui gagasan Kampung Tangguh. Tak terkecuali di Kabupaten Cianjur.

“ Saya sangat mengapresiasi Kapolres, Dandim dan yang lainnya atas gagasan Kampung Tangguh. Adanya Kampung Tangguh ini, terbukti meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat terkait Covid-19,’’ kata Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman saat ditemui setelah upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Cianjur. Minggu, (12/07).

Lanjutnya peran masyarakat itu penting dalam upaya penanganan Covid-19. Seperti diketahui, pemerintah sudah berupaya keras dengan berbagai cara dalam penanganan Covid-19. Namun, partisipasi masyarakat menjadi kunci utama.

Herman juga memaparkan, terbukti meningkatkan partisipasi masyarakat akan penanganan Covid-19. Paling tidak untuk lingkungan masing-masing.

‘ ’Kalau dalam satu kampung disiplin menerapkan protokol kesehatan, paling tidak satu lingkungan itu aman. Ini bisa menjadi percontohan ke lingkungan-lingkungan yang lain,’’ tandasnya.

Sementara itu Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto menuturkan, anggota Polisi memiliki tanggung jawab melindungi masyarakat. Karenanya, anggota kepolisian juga harus sehat. Untuk itu, pihaknya sudah menginstruksikan agar anggotanya selalu dalam kondisi sehat. Baik secara diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan seperti asrama. Gagasan Kampung Tangguh di asrama polisi diharapkan dapat meningkatkan kesehatan anggota kepolisian.

“ Polisi harus siap dalam situasi apapun. Harus siap melindungi masyarakat. Karenanya, sebelum itu, dia sendiri harus sehat dulu,’’ tuturnya.

Tak hanya itu Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan turut memberikan apresiasi kampung tangguh yang ada di Kabupaten Cianjur.

“ Karena di kampung tangguh tersebut bisa kita dimanfaatkan sebagai sektor ketahanan pangan yang baik bagi Kabupaten Cianjur.” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here