Istirahat sejenak setelah memantau jalannya Pilkades di beberapa kecamatan

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabuten Cianjur beserta jajarannya, didampingi para OPD Kabupaten Cianjur dan salah seorang anggota Polda Jawa Barat serta jajaran pengurus Abpednas Cianjur, turun ke lapangan untuk memantau  pelaksanaan Pilkades setentak  di beberapa Tempat Pemilihan Suara (TPS). Terutama yang ada di Kecamatan Cianjur, Karangtengah, Sukaluyu, Ciranjang dan Kecamatan Haurwangi.

Pelaksanaan Pilkades Setentak, secara umum terlaksana dengan tertib, aman dan lancar. Demikian juga animo masyarakat terlihat antusias datang ke TPS untuk melaksanakan Pilkades.

Pjs Bupati Cianjur H.Herman Suherman saat ditanya awak media menjelaskan, Forkopimda Kabuten Cianjur yang didampingi salah seorang anggota pemantau dari Polda Jabar, melaksanakan pemantauan paksanaan Pilkades serentak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa TPS yang ada di Kecamatan Cianjur, Karangtengah, Sukaluyu, Ciranjang dan di Kecamatan Haurwangi.

Hal itu dilakukan, karena merupakan kewajiban. Forkopimda ingin melihat situasi dan kondisi di lapangan secara langsung. Ternyata hasil pantaunya cukup memuaskan.

Karena Pilkades Serentak 2020 terlaksana dengan tertib, aman dan lancar. “ Kami berharap, seluruh pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Cianjur terlaksana kondusif dan mampu mencetak pimpinan desa yang kredibel juga mumpuni dan amanah,” ucap Herman.  

Sementara itu, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Cianjur, H. Danial menambahkan, pihaknya merasa bersyukur pelaksanaan Pilkades setentak Kabupaten Cianjur, benar kondusif.

Andai adanya temuan Calon Kades yang nakal, seperti melakukan politik uang, memberi suvenir dan bentuk barang lainnya pada masyarakat calon pemilih dengan menyuruh memilih calon salah seorang calon Kades tersebut, maka hal itu melanggar aturan yang berlaku.

Bila ditemukan hal itu, maka si pelaku dan yang menerima harap laporkan saja pada pihak Aparat Penegak Hukum (APH). Karena hal itu bukan sangsi administrasi melainkan tergolong kriminal. “ Tapi hal itu semoga tidak terjadi pada Pilkades Serentak di Kabupaten Cianjur,” harap Danial.

Dilain pihak, Camat Haurwangi Iwan Karyadi menjelaskan, pelaksanaan Pilkades Serentak di Kecamatan Haurwangi, dihadiri Forkopimda Kabuten Cianjur.   Tim dari Forkopimda mendatangi  TPS 03 di Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi.  

Tentunya hal itu merupakan suatu penghormatan yang tak terhingga. Karena tidak disengaja rombongan Forkopimda Kabuten Cianjur bisa datang meninjau pelaksanaan Pilkades di TPS 03 Desa Kertamukti. Karena Iwan Karyadi mengucapkan terima kasih pada Pjs, Panitia Pilkades Kertamukti dan pada seluruh petugas TPS yang telah bekerja dengan maksimal. Hingga pelaksanaan Pilkades Serentak di Desa Kertamukti terlaksana dengan baik.

“ Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih pada  Pjs, ketua Panitia Pilkades Haurwangi, Mekarwangi, Kertamukti, Cipeuyeum dan Pjs serta Panitia Pilkades Cihea, yang telah melaksanakan Pilkades dengan baik, lancar dan aman,” ucap Iwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here