Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Forkopimcam, TNI-Polri, Satpol PP dan Tim Medis Puskesmas Cidaun dibantu TAGANA memperketat penjagaan di pintu masuk perbatasan Garut-Cidaun, Jum’at (03/04).

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus covid-19 ke wilayah Kecamatan Cidaun.

Untuk kendaraan roda dua maupun lebih disemprot dengan cairan disinfektan. Sementara pengemudi dan penumpangnya diperiksa suhu tubuhnya dengan menggunakan thermo gun.

Kepada awak media, Camat Cidaun Herlan Iskandar mengatakan, untuk sementara warga yang masuk ke wilayah Cidaun dari jalur Kabupaten Garut sepi.

” Alhamdulillah tidak ditemukan pengendara atau penumpang yang suhu tubuhnya tinggi, dari enam mobil yang melintas suhu tubuhnya hampir rata-rata diangka 36.5 derajat celcius. Artinya untuk hari ini kami hanya bertemu dengan Orang Tanpa Gejala (OTG),” ungkapnya.

Lanjut Herlan, pihaknya mengimbau untuk warga Cidaun yang pulang dari perantauan yang masuk kategori zona merah virus Covid-19, yang lewat jalur lain agar diam dirumahnya masing (mengisolasi diri) selama 14 hari dan taati aturan pemerintah saat ini.

” Disarankan jangan keluar rumah dulu, sayangi keluarga dan orang lain. Apa bila selama 14 hari mengalami gejala batuk-batuk, panas dan lain lainya, segeralah hubungi tim medis untuk memeriksakan kesehatan,” tegasnya.

Masih di lokasi yang sama, Kepala Puskesmas Cidaun H Eman Sulaeman S.Kep, menambahkan, untuk kegiatan ini ada empat orang tim medis dari Puskesmas Cidaun. Meeka yang dilibatkan setiap harinya untuk menjaga diperbatasan Garut-Cidaun.

” Dari hasil pemeriksaan sementara, tidak ditemukan adanya ODP, jadi untuk wilayah Kecamatan Cidaun masih zona hijau, Allahmduliah,” ujarnya.

Eman melanjutkan, sesuai peraturan kalau ada ODP harus diam di rumahnya masing-masing untuk melakukan isolasi mandiri. Karena untuk Puskesmas Cidaun, belum memiliki ruang/alat karantina khusus.

” Ya, menyikapi hal tersebut, tentunya kamj juga akan berkoordinasi dengan aparat setempat dan RT/RW untuk membantu pengawasannya. Dan apabila menemukan hal-hal yang seperti yang dimaksud, harap segera menghubungi kontak person yang sudah kami sediakan, selanjutnya dari tim medis akan datang ke lokasi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here