Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Jajaran pengurus Forum Komunikasi Panti Sosial (FKPS) Kabupaten Cianjur, kunjungi panti sosial Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) di jalan raya Cianjur-Bandung. Tepatnya di Kp Gudang RT 01/07 Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Kamis (27/08). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka monitoring dan pembinaan terhadap pengurus  YRPJ yang bergerak dalam sosial pemulihan jiwa Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sekretaris FKPS Cianjur Ridwan Sopandi menjelaskan, pihaknya berkunjung ke panti sosial YRPJ Ciranjang. Maksudnya untuk melaksanakan monitoring dan pembinaan, sekaligus mengecek keberadaannya. Baik adminiatrasi maupun keberadaan jumlah ODGJ yang dirawat di YRPJ.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara seksama, ternyata seluruh administrasinya sudah lengkap dan keberadaan ODGJ nya itu sudah banyak yang ditampung. Bahkan sudah banyak pula yang sudah sembuh normal. Melihat kenyataan tersebut, maka Panti Sosial YRPJ Ciranjang sudah layak menjadi anggota FKPS Cianjur.

Setelah terdaftar menjadi FKPS maka Panti sosial YRPJ Ciranjang akan terdaftar di Dinas Sosial Kabupaten dan Provinsi Jawa Barat. Hnggga kedepannya akan memudahkan mendapat bantuan obat – obatan untuk penyembuhan ODGJ dan bantuan lainnya.

“ Panti sosial yang sudah terdaftar di FKPS Cianjur sebanyak 36 panti sosial yang bergerak diberbagai sosial lainnya,” kata Sopandi.

Sementara itu, Ketua YRPJ Ciranjang, Endan Rahmat Safari mengatakan, dengan kehadirannya FKPS Cianjur, pihaknya merasa bersyukur. Karena selain mengecek beberadaan yayasan, juga  memberikan pembinaan dan monitoring.  

Atas kunjungan pengurus FKPS Cianjur tersebut, lanjut Endan, pihaknya dapat mengetahui apa kekurang yayasan yang dikelolanya. Karena itu, pihaknya akan melengkapi berbagai administrasi untuk kerluan YRPJ itu sendiri. Seperti halnya harus adanya buku induk, daftar ODGJ, buku tamu, buku catatan dan administrasi lainnya.

Selanjutnya Endan mengatakan, jumlah ODGJ yang sedang dirawat saat ini sebanyak 20 orang. Semula ada 36 orang yang dirawat. Mereka itu datang dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Cianjur. Selain itu, tiap pekan juga selalu ada yang datang membawa keluarganya yang sakit atau menyuruh menjemputnya ditempat keluarganya.

“ Kami berharap, YRPJ Ciranjang dapat melaksanakan sosial tersebut dengan baik, Hingga mampu menekan jumlah ODGJ di Kabupaten Cianjur,” ujar Endan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here