Festival Layangan Aduan Ulur Gibrig Dilaksanakan di Haurwangi dan Dibuka Asda 2 Cianjur

0
82

Laporan: Iriyanto

Editor : YH

Cianjur, metropuncaknews.com – Festival tahunan layangan aduan ulur gibrig105 sampai 120 cm dilaksanakan di wilayah Desa Ramasari, Haurwangi dan di wilayah Desa Sukatani Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, minggu (25/22/22).

Festival layangan aduan ulur gibrig tersebut, dibuka Asda 2 Kabupaten Cianjur dan nampak hadir Ketua Pelangi, Ketua Kormi Jawa Barat, Forkopimcam Haurwangi, Kepala Desa Ramasari dan Kepala Desa Haurwangi.

Dan nampak hadir pula Ketua PGRI Kecamatan Haurwangi, 80 komunitas layangan aduan ulur gibrig yang datang dari 18 Kabupaten/Kota dari Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan dari Provinsi Banten.

Ketua Pelangi Kabupaten Cianjur, H. Entis Sutisna menerangkan, dilaksanakannya festival layangan aduan ulur gibrig (Giblur) di Haurwangi Cianjur tiada lain untuk mengedukasi para anak – anak, remaja dan orang tua yang hobi layangan.

Karena sekarang itu, main layangan sudah hampir punah di setiap daerah kalah dengan main gudget yang notabene menghabiskan waktu untuk belajar atau menghapal di rumah.

Selain itu, dilaksanakannya festival layangan aduan ulur gibrig, itu dalam menghadapi pekan olah raga layangan nasional pada awal tahun 2023 yang tempatnya ditentukan kemudian, ucapnya.

Sementara itu kepala Desa Ramasari Iyus Darussalam menerangkan, festival tahunan main layangan aduan ulur gibrig, itu dilaksanakan di 3 titik, seperti di wilayah Desa Ramasari, Haurwangi dan di wilayah Desa Sukatani Kecamatan Haurwangi.

Pemerintah Desa Ramasari, Haurwangi, Sukatani dan masyarakat, itu hanya selaku penyedia tempat dan menjadi penonton setia, karena panitia pelaksana seluruhnya diatur pihak komunitas layangan yang datang dari Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Provinsi Banten.

Harapan ke depannya pihak pribumi tidak hanya selaku penyedia tempat dan penonton belaka minimal diajak menjadi panitia lokal dan jauh sebelumnya diberitahu jangan seperti sekarang terkesan mendadak, pungkas Iyus.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here