Enchi Nurhayati, S.IP

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Enci Nurhayati, S.Ip (36) satu tahun yang lalu, tepatnya April 2020, dipercaya masyarakat menjadi Kepala Desa Neglasari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur.

Sekarang Enci menjadi orang nonor 1 di Desa Neglasari dan dari 11 orang Kepala Desa yang ada di Kecamatan Bojongpicung, 10 orang diantaranya  kaum pria. Hanya satu orang wanita yang menjadi Kades di Kecamatan Bojongpicung, yaitu Enci Nurhayati.

Istri dari Yusup Supriatna (35) yang telah dikaruniai 2 0rang anak ini menuturkan, ketika awal  menjadi Kepala Desa Neglasari, sempat muncul dalam pikiran yang kurang positif. Kurang rasa PeDe, karena merasa dirinya seorang wanita.

Tapi setelah sering bertemu dengan para Kades lainnya, BPD, LPM, tokoh masyarakat yang mayoritas kaum pria dan setelah berjalan beberapa bulan melayani masyarakat, akhirnya muncul rasa semangat  dan percaya diri. Hingga mampu menjadi pemimpin Desa Neglasari.

“ Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan Hari Kartini 21 April 2021.  Semoga seluruh wanita di Kabupaten Cianjur mampu menjadi wanita terdepan dalam pembangunan yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama,” tuturnyanya.

Hal senada yang diucapkan Kepala Desa Simdamgsari Kecamatan Ciranjang, Rina Hadi Suartika (37). Rina menambahkan, setelah dilantik menjadi Kepala Desa Sindangsari, mulanya cukup menegangkan. Selain itu,  juga ada rasa malu, kurang PeDe dan merasa berat menjadi seorang pemimpin.

Namun setelah dijalani dengan ikhlas, sabar, tawakal dan kerja sama yang solid, akhirnya mampu juga melayani dan mengayomi masyarakat dengan baik, biarpun sambil bertatih tatih. Bagi seorang wanita menjadi pemimpin, harus tetap tidak melupakan kodratnya sebagai ibu rumah tangga di dalam keluarganya.

” Ketika di Kantor Desa saya Jadi pimpinan masyarakat, kalau di rumah saya sebagai ibu rumah tangga yang tidak lupa membantu dan mengurus anak dan suami,” Ucap Rina.

Rina juga mengucapkan selamat Hari Kartini 21 April 2021. “Semoga seluruh perempuan mampu menjadi diri sendiri dan memiliki akhlaq mulya serta berguna bagi semua pihak,” tutur Rina.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here