Jalan yang sulit menuju tempat tujuan, tak menyurutkan semangat anggota Satlantas Cianjur untuk memberikan sosialisasi tentang berkendaraan yang baik dan benar pada masyarakat

Laporan: Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Demi menjalankan tugas negara, sebanyak enam personil dari Satuan Lantas Polres Cianjur, rela berangkat menuju pelosok desa. Meski desa tersebut berada di batas wilayah tiga kabupaten. Seperti yang dilakukannya pada Selasa (21/5) kemarin. 

Keberangkatannya tersebut adalah untuk memberikan sosialisasi tentang tata tertib berlalulintas yang baik dan benar.

Seperti yang diketahui, wilayah Desa Puncak Baru, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan, Jawa Barat. merupakan desa penyangga perbatasan yang menghubungkan tiga kabupaten. Yakni Kabupaten Cianjur, Garut dan Bandung.

Untuk menempuh perjalanan menuju Desa Puncak Baru, bukanlah hal yang mudah. Betapa tidak, perjalanan dari Kota Cianjur saja memakan waktu hingga 11 jam lamanya untuk sampai ke desa itu. 

Tak cukup sampai disitu saja, kondisi medan/jalannya pun yang sangat terjal dan berliku hampir disepanjang jalan. Keadaan tersebut tidak menyurutkan tugas keenam personil satuan lantas itu, demi mengayomi masyarakat.

Menyikapi hal tersebut kondisi yang sangat jauh tertinggal oleh daerah lain. Tentunya ini harus jadi perhatian serius untuk pemerintah daerah dan pusat.

Kasat Lantas Polres Cianjur melalui Bripka Rangga N, kepada wartawan mengatakan, mewakili Kasat Lantas, Kanit Reg Ident & Baur SIM yang dapat perintah langsung dari Kapolres Cianjur.

” Ya, suatu kehormatan bagi saya, bisa dipercaya untuk ditugaskan ke daerah Desa Puncak Baru dan bisa dapat bertatap muka langsung degan masyarakat. Serta dapat mendengarkan curhatan masyarakat baik terkait infrastruktur dan lainnya,” katanya.

Menurutnya, ada kurang lebih sekitar 100 peserta dari masyarakat yang mengikuti sosialisasi tentang tata tertib berlalulintas dan cara berkendara yang benar di jalan raya.

” Alhamdulillah, walau tadi kita didalam perjalan ada sedikit kendala, karena kondisi jalan yang masih sempit dan berlumpur juga licin belum lagi kondisi medan jalan yang kanan kiri bertebing curam. Sehingga mobil yang kita tumpangi sempat mengalami selip. tetapi dengan semangat dari teman-teman akhirnya sampai juga ke lokasi Desa Puncak Baru dengan selamat,” terangnya.

Dalam menjalankan tugas tersebut, Bripka Rangga ditemani tiga anggota Polri dan tiga lainya merupakan PHL.

” Mudah-mudahn, dengan kegiatan sosialisasi tentang tata tertib berlalulintas yang benar adalah ini, bisa bermanfaat untuk warga. Sebab saya lihat di selatan ini. Masih banyak yang mengendarai kendaraan roda dua tanpa mengunakan helem dan kendaraannya banyak yang nungak bayar pajak serta masih awam dengan UU lalu lintas,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here