Blok Hanggar Pasar Cipanas

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke-74. Blok hanggar Pasar Cipanas. Secara swadaya, membuat lukisan dan memberikan aksen warna-warni payung di sepanjang blok tersebut. Hal itu merupakan upaya para pedagang sebagai daya tarik bagi pengunjung pasar, agar terlihat unik dan menarik.

Ketua Pelaksana PHBN Blok Hanggar Pasar Cipanas, Rudi Lazuardi mengatakan, pernak-pernik peringatan HUT Kemerdekaan RI, kali ini ingin memberikan sesuatu yang berbeda. Apalagi zaman sekarang itu orang-orang lebih tertarik jika ada tempat dan spot yang terlihat unik.

“Nah, salah satunya kami menginginkan adanya hal yang menarik untuk memanjakan pengunjung pasar. Jadi bukan hanya sekedar datang dan berbelanja saja, tetapi kesan unik itulah yang nantinya bisa dirasakan para pengunjung semua,” kata Rudi.

Rudi menjelaskan, sepanjang pintu masuk blok, sekitar 10 meter x 2 meter, telah dilukis dan bisa menjadi salah satu spot selfie bagi para pengunjung. Sedangkan di bagian barat blok hanggar, itu telah dihiasi payung-payung kecil warna warni yang langsung didatangkan dari Surabaya.

“Kami beli itu sekitar 150 payung warna warni. Adapun yang melukis, itu dari warga Pacet. Tadinya, ingin dibuat keseluruhan blok pasar, hanya masih terkendala biaya. Jadi kami hanya memaksimalkan anggaran yang ada,” terang Rudi.

Dengan adanya hal tersebut, diharapkan Rudi, bisa membuat para pengunjung yang datang ke Pasar Cipanas, bisa lebih terkesan menarik dan juga meningkatkan daya beli masyarakat. Artinya, yang selama ini mungkin kebanyakan orang menilai pasar tradisional itu kotor kumuh, dan hal negatif lainnya, kini sedikit besarnya bisa merubah pemikiran itu ke arah yang lebih positif.

“Kadang orang-orang kalau pergi ke pasar berfikirnya itu kotor, bau, atau apalah. Nah, kami ingin merubah mainset itu, supaya ketika ke pasar, bisa terasa nyaman, unik, tidak jenuh, dan bisa sambil foto-foto (selfie) ala Instagrameble,” kata Rudi.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, hal yang dilakukan di blok hanggar ini mungkin salah satu pasar pertama di Kabupaten Cianjur, yang berinovasi membuat pernak-pernik seperti ini.

Menurutnya, gagasan tersebut muncul karena hasil bersama dari para pedagang dan dirinya sebagai Sekretaris jenderal DPP Pasar Cipanas agar menjadi daya tarik pembeli.

“Dengan begitu, bisa menjadi daya tarik kepada pengunjung, supaya penjualan di pasar bisa lebih meningkat,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan yang akan dilaksanakan pada momentum HUT Kemerdekaan RI nanti, seperti biasanya bersama warga sekitar pasar, akan menggelar perlombaan rakyat. Sehingga antara pasar dan warga bisa berbaur dan lebih dekat lagi.

“Untuk nanti pada hari H nya, biasanya kami menggelar lomba Agustusan yang digabung dengan warga sekitar. Sehingga tidak ada jarak antara warga pasar dan warga pemukiman lainnya,” pungkasnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here