Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Dua pohon besar setinggi 15 Meter dengan diameter 100 Cm yang tumbuh di pinggir jalan raya Ciranjang – Bojongpicung, tepatnya di Kp Cibogo 3 RT 03 /06, Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, tumbang tertiup angin kencang, Selasa (8/12/2020) sekira pukul 18.00 WIB.

Karuan saja, tumbangnya 2 pohon tersebut menghalangi arus lalu lintas. Karena tumbangnya memotong jalan. Sedangkan satu pohon lagi tumbang menimpa bangunan Kantor Desa Mekargalih, hingga ambruk.

Informasi yang dapat dihimpun, mulai adanya angin besar itu sekira pukul 16.00 WIB. Namun semakin sore angin semakin besar. Hingga pada pukul 17.25 WIB, pohon mahoni yang berdiri di pinggir jalan tumbang menghalangi lalu lintas jalan. Karena tumbangnya memotong jalan.

Selain itu, pohon trambesi yang berada di depan Kantor Desa Mekargalih juga tumbang. Hingga menimpa bangunan kantor Desa Mekargalih. “ Saat itu juga kami langsung melaporkannya pada kepala desa dan pada pihak Kepolisian Ciranjang,” kata Endang (50) warga setempat.

Sementara itu, Kepala Desa Mekargalih Taryat Dibrata mengatakan, dengan adanya dua pohon yang tumbang  di pinggir jalan raya depan Kantor Desa Mekargalih. Satu pohon tumbang melintang menghalangi arus lalu lintas kendaraan Ciranjang – Bojongpicung dan sebaliknya. Pohon tumbang tersebut sudah bisa dievakuasi biarpun sedikit agak sulit. Karena faktor alat pemotongan pohon. Sekarang arus lalu lintas sudah lancar kembali.

Sedangkan pohon trambesi besar, menimpa bangunan Kantor Desa Mekargalih, hingga ambrol. Untuk mengevakuasi pohon yang menimba bangunan kantor desa, akan dilaksanakan besok pagi, karena kalau sekarang kondisinya tidak memungkinkan.

Beruntung, pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya pihak Pemerintahan Desa Mekargalih mengalami kerugian sekitar puluhan juta rupiah. “ Kami  mengucapkan terima kasih pada Muspika Ciranjang, Binmas, Binsa, PUPR Ciranjang dan seluruh masyarakat yang telah bergotong royong mengevakuasi pohon, hingga arus lalu lintas lancar kembali,” kata Taryat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here