PAC Abpednas Kecamatan Sukaluyu

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Cianjur, kini tengah gencar membentuk Pengurusan Anak Cabang (PAC)  Abpednas di tingkat kecamatan. Seperti halnya pada Rabu (25/04( pengurus DPC Abpednas Kab. Cianjur, membentuk PAC Abpednas Kecamatan Sukaluyu.

Menurut keterangan, hal itu dilakukan untuk meningkatkan, mensinergiskan dan mengepefektifkan cara kerja BPD di setiap desa yang ada disetiap kecamatan di  Kabupaten Cianjur.

Ketua Umum Abpednas Kabupaten Cianjur, Rini Fiji Astuti mengatakan, Pengurusan Anak Cabang (PAC)  Abpednas di setiap kecamatan sudah terbentuk sebanyak 25 kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur. Sedangkan yang lainya masih dalam proses pembentukan dan rencananya sebelum hari Raya Idul Fitri seluruhnya sudah terbentuk.

Hal itu, dilakukan tiada lain untuk menguatkan arah tujuan bersama melalui  wadah perjuangan Abpednas. Supaya kelembagaan BPD mampu mepersatukan Visi  Misi  Organisasi Abpednas, dengan moto juangnya, Mengurus Desa Menata Kota.

Lebih lanjut Rini mengatakan, membangun Sinergivitas,  harmonisasi dengan kepala desa dan lembaga masyarakat  lainnya. Khususnya dalam menjalankan tugas pungsinya selaku BPD sesuai dengan tugas pungsinya. Karena peran BPD di desa sangat penting yang diatur dalam  UU No.6 Thn 2014 dan Permendagri No 110 juga dikuatkan dengan  peraturan lainya.

Selain itu, tugas fungsi  BPD sangatlah penting. Utamanya dalam membahas  rancangan Perdes bersama kepala desa, menampung, menyalurkan aspirasi masyarakat desa. “ Melakukan pengawasan kinerja kepala desa yang disesuaikan dengan  UU No 6 Thn 2014,” tutur Rini.

Sementata itu, Ketua Terpilih PAC Abpednas Kecamatan Sukaluyu, Usep Sukur (56) menambahkan,  musyawarah pembentukan PAC Abpednas  Kecamatan Sukaluyu dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Sukaluyu. Untuk itu, pihak panitia mengundang seluruh pengurus BPD yang ada di Sukaluyu.

Maka dengan telah terbentuknya PAC Abpednas, diharapkan dapat menciptakan kinerja BPD itu sendiri. Mampu melaksanakan tupoksi nya dengan mengedepankan etika dan  norma-norma yang ada.  Selain itu, ia berharap Abpednas sebagai tempat shering, diskusi  dan berbagi pandangan.

“ Hingga seluruh anggota BPD yang ada di 10 desa di Kecamatan Sukaluyu, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Camat  Sukaluyu yang telah membantu mempasilitasi terbentuknya PAC Abpednas  Kecamatan Sukaluyu,” kata Usep Sukur, pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here