Poto bersama usai pembinaan Abpednas di Cianjur Selatan

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com –  Sat ini banyaknya program pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Cianjur. Sehubungan dengan hal tersebut, kini DPC Abpednas Kabupaten Cianjur, tengah sibuk  melaksanakan pembina pada seluruh jajaran pengurus dan anggota BPD yang ada di setiap Kecamatan di Kabupaten Cianjur.

Seperti yang dilaksanakan seluruh jajaran pengurus dan anggota BPD yang ada di Kecamatan Naringul, Cidaun,  Sindangbarang, Cibinong, Tanggeung, Agrabinta, Leles, Cikadu, Kadupadak, Cijati, Pagelaran dan BPD yang ada di kecamatan lainnya. Mereka mengikuti pembinaan dan pelatihan tentang kinerja BPD sesuai dengan tupoksi dan peraturan yang berlaku.

Ketua DPC Abpednas Kabupaten Cianjur, Rini Pujiastuti menjelaskan, dilaksanakannya  pembinaan, khususnya mensosialisasikan Perbup No. 79 tentang BPD, kepada  seluruh pengurus dan anggota BPD di Kabupaten Cianjur.

Supaya seluruh pengurus dan anggota BPD di setiap desa, mampu  melaksanakan tugasnya sesuai tupoksi yang mengacu pada aturan yang berlaku. Seperti Undang-Undang, Permen, Pergub, Perbup dan aturan lainnya yang mengikat pada pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan disetiap desa.

Selain itu, BPD harus benar proaktif terhadap penggunaan anggaran berbagai pelaksanaan pembangunan pisik mapun pembangunan pemberdayaan masyarakat. Karena semua itu berawal dari kinerja BPD itu sendiri yang didadat dari hasil aspirasi masyarakat setempat.

Apbednas sangat tidak mengharapkan, BPD dipandang sebelah mata oleh kepala desa. Tapi harus bekerjasama secara propesional sesuai dengan tupoksiya masing-masing.

“ Jika sudah mampu bekerja dengan baik, maka pembangunan disetiap desa yang ada di Kabupaten Cianjur, akan sesuai  dengan keinginan semua pihak dan akan menjadi desa yang mandiri,” tutur Rini Pujiastuti kemarin.

Sementara itu, Sekretaris DPC Abpednas Kabupaten Cianjur, Alex (48) menambahkan, pelaksanan pembinaan dan sosialisasi Perbup No. 79 tentang BPD itu dilaksanakan secara estapet dari kecamatan ke kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur.

Sekarang mulai melaksanakan pembinaan, sosialisasi pada PBD yang ada di Kecamatan Naringul, Cidaun, Sindangbarang, Cibinong, Agrabinta, Tanggeng, Kadupandak, Cijati, Leles, Cikadu, Pagelaran dan Kecamatan lainnya.

“ Diharapkan, seluruh pembangunan yang dilaksanakan disetiap desa berjalan mulus, sesuai dengan aturan yang berlaku dan akan mampu meningkatkan roda perekonomian disetiap desa,” ucap Alex.

Dilain pihak, Ketua PAC Abpednas Kecamatan Naringul, H Tantan didampingi Ketua PAC Abpednas Kecamatan Cidaun Badru Alam menjelaskan, dengan dilaksanakannya pembinaan, sosialisasi Perbup No.79, pihaknya merasa bangga dan bersyukur. Karena selama itu pihaknya merasa kesulitan tentang tata cara bekerja yang benar dan baik.

Tapi setelah adanya pembinaan, sosialisasi dan silaturahmi, pihaknya merasa optimis, kinerja BPD akan benar sesuai tupoksi yang mengacu pada peraturan yang berlaku. Seperti pada undang-undang, Permen, Pegub dan Perbup.

Diharapkan, seluruh desa yang ada di Kecamatan Naringul dan Cidaun mampu menjadi desa yang mandiri. Karena bila dibangun dengan serius dan fokus maka tidak mungkin tidak akan maju. “Cianjur Selatan memiliki potensi alam yang cukup baik, bila dibangun dengan serus dan fokus maka akan lebih maju,” kata Tatan yang diamini Badru Alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here