Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Guna menjawab keluhan pemohon AK-1 atau yang biasa disebut Kartu Kuning sebagai salah satu persyaratan surat lamaran kerja. Disnakertrans Kab. Cianjur, menambah quota pembuatan AK-1 secara Online.

Sebelumnya, dalam sehari hanya melayani sebanyak 50 pemohon. Kini pelayanan pembuatan AK-1 menjadi 100 pemohon perharinya. Caranya dengan metode pendaftaran Online yang dibuka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Sedangkan untuk pengambilannya, bisa dilakukan pada esok harinya.

” Benar, untuk pelayanan pembuatan AK-1, kini menjadi 100 pemohon perhari dan itu juga masih tidak tentu, kadang full 100, kadang kurang,” kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur, Ricky Ardhi, Senin (01/02).

Disinggung mengenai situasi saat ini (pandemi), dimana perusahaan belum membuka lowongan kerja, Ricky, menjawab kebutuhan AK-1 bisa dipersiapkan jauh-jauh hari, sebelum dibukanya lowongan kerja.

” Bisa jadi pemohon AK-1 mempersiapkannya lebih awal sebelum dibukanya lowongan kerja, dengan tujuan supaya nanti ketika dibukanya lowker mereka sudah siap melamar,” jawabnya.

Mengenai kenapa susah masuk di Online, lanjut Ricky, kenapa yang Online susah masuk, karena ada beberapa hal yang belum diketahui pemohon. Bisa jadi karena batasan kuota yang hanya 50, sementara pemohon lebih banyak.

” Kalau ada yang datang kesini, kita juga suka memberitahu bagaimana cara daftar Online. Dan di web tersebut juga suka di umumkan kalau ada lowongan kerja, jadi kalau ada lowker di web masyarakat/pencaker bisa mengirimkan lamarannya di web tersebut, dan tinggal menunggu verifikasinya saja dari pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja” terang Ricky.

Selanjutnya  Ricky mengatakan, besar kemungkinan untuk tahun 2021 ini, job fair akan ditiadakan. Tetapi untuk para pencaker kita sudah menyiapkan web untuk melamar kerja. Artinya bisa melamar pekerjaan via email.

” Untuk saat ini memang belum ada perusahaan yang membuka lowongan kerja, karena masih pandemi. Tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pekerjaan, kita terus berkoordinasi dengan pabrik dan perusahaan-perusahaan yang ada di Cianjur mengajak bekerjasama melakukan perekrutan karyawan via web/Online,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here