Laporan :  Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sinta Rismayani (18) warga Kampung Cibogo 3 RT 02/06 Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, sangat merindukan ibunya Ani Iam Hamdanah (50) pulang ke kampung halamannya.

Pasalnya, Ani Iam Hamdanah berangkat   kerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Selangor Malaysia, pada Mei 2004. Saat itu Ani meninggalkan putri bungsunya  Sinta Rismayani ketika usia 8 bulan. Hingga sekarang sekitar 17 tahun belum pernah pulang dan kehilangan kontak.

Selama ibundanya menjadi PMI ke Malaysia, hidup Sinta bersama Sandi  kakaknya, diam dibersama almarhum Nenek  Maah. Karena 5 tahun sejak ke berangkatan, ayah Sinta menikah lagi.

Setelah Sinta Rismayani menginjak dewasa. Setelah duduk dibangku SLTP Kelas 2, Sinta  mulai hidup mandiri. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya, Sinta menjadi seorang penyanyi dangdut.  Ia harus rela menyanyi dari panggung kepanggung hajatan.  untuk membiayai hidup dirinya beserta keluarga.

Ditengah hidup hiruk pikuk yang dialaminl Sinta  Rismayani, ia selalu ingat pada ibunda tercintanya. Sinta ingin bertemu berkumpul bersamanya. Kalau memang ibundanya masih ada, mohon segera pulang dan kalau sudah tidak ada mohon juga ada kabar beritanya.

” Mamah di mana sekang berada, kalau masih hidup, mamah mohon segera pulang, Sinta bersama kakak Sandi rindu mamah dan kalau sudah tidak ada mohon ada kabarnya, biar Sinta beserta keluarga bisa mengirim doa,” tutur  Sinta pada awak media, Jumat (27/5 /2021).

Sementara itu, ayah Sinta Rismayani menambahkan, istrinya Ani Iam Hamdanah berangkat bekerja menjadi PMI ke Malaysia pada 2004. Saat itu Sinta berusia 8 bulan.

Ani Iam Hamdanah berangkat melalui seponsor dan diberangkatkan melalui PT. Leres Kahuripan Sejati Jakarta Utara. Awalnya,  komukasi berjalan selama 6 bulan. Namun sejak itu, los komukasi hingga sekarang.

“  Ani Iam, berangkat menjadi pembantu rumah tangga di rumah Peter Charles Semerling, No. 4 Jltr 6/2 Troipikana Golf And Country Resort Petaling Jaya Selangor 47410  Malaysia,” jelasnya.

Dilain pihak, Ketua DPC Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Kabupaten Cianjur, Ali Hildan (47) mengatakan, pihaknya sedang menangani permasalahan PMI yang bekerja di Selangor Malaysia. Yakni Ani Iam Hamdanah yang telah 17 tahun tak pulang dan keluarganya  kehilangan kontak sejak kepergiannya.

Menangani hal itu, diawali dari anak Bungsunya Sinta Rismayani datang mengadu ke kantor Astakira. Karena selama 17 tahun ia tidak pernah tahu ibunya. Sebab Sinta ditinggalkan pergi ke Malaysia, ketika Sinta baru berusia 8 bulan.

“ Penanganan masalah tersebut, sedang dilakukan, malahan pihaknya telah menghubungi dinas dan lembaga terkait, semoga saja penanganan tersebut cepat selesai dan Ani Iam Hamdanah bisa berkumpul kembali dengan keluarganya,” jelas Ali Hildan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here