Laporan : Dhani Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pasca terjadinya bencana longsor di Jalan Sukanagara Kampung Pos RT. 01/02 Desa Sukanagara Sukanagara Cianjur Jawa Barat. Jalan Nasional tersebut tertutup longsor, Jum’at (10/04).

Karena itu pada Sabtu, (11/04), Dikyasa Polres Cianjur bersama Kapolsek Sukanagara dan Dinas PUPR Provinsi Jabar, melakukan evakuasi pengerukan material tanah longsor di lokasi Kejadian.

Kanit Dikyasa Polres Cianjur Ipda Budi Setiayuda mengatakan, bersama dengan Kapolsek Sukanagara dan anggota serta Dinas PUPR Propinsi Jabar, pihaknya bersama-sama melakukan pembersihan pengerukan material longsoran. Sekaligus pemasangan banner peringatan daerah rawan longsor.

Turut serta membantu kegiatan tersebut, personil Pos Pam Gabungan yang terdiri dari personil Polsek Sukanagara, Koramil, Sat Pol PP, dan Dinas PUPR Provinsi Jabar.

” Selain tim gabungan, masyarakat juga ikut membantu evakuasi pembersihan material tanah longsoran itu. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan kembali terjadi unit Dikyasa pun terus stand by di posko sekitar lokasi, guna memantau arus lalu lintas,” kata Budi Setiayuda.

Lanjutnya, pengaturan arus lalin  bagi para pengendara R4 dan R2 yang akan menuju Cianjur Selatan atau sebaliknya, kini sudah dapat menggunakan akses jalan provinsi tersebut. Pengaturan lalin kita lakukan bersama-sama, anggota Polsek Sukanagara melakukan sistem terploting secara bergantian pengaturannya.

” Untuk tiga unit alat berat berikut empat unit Dam Truk pun, masih stand by di lokasi. Sembari berjalan kita melakukan pemasangan banner rawan longsor didekat lokasi tersebut,” paparnya.

Masih dilokasi yang sama, Dinas Pekerjaan Umum Permukiman dan Tataruang (PUPR) Jawa Barat menyebutkan, pihaknya akan melakukan perapihan dan pembersihan serta membuka akses jalur seperti semula.

” Untuk tindakan Dinas PUPR selanjutnya akan melakukan perapihan dan pembersihan serta membuka jalur menjadi dua arah kembali. Begitu juga pihak pemilik tanah akan melakukan penanganan untuk menanggulangi longsor berikutnya, diantaranya dengan melakukan teras-teras kemudian akan ditanami pohon,” kata Kabid Pegadaan Barang dan Logistik Dinas PUPR Provinsi Jabar Wawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here