Laporan : Yatiman

Cimahi, metropuncaknews.com – Satlantas Polres Cimahi gelar kegiatan Dikmas Lantas Police Goes to Ponpes Al-Basyariah Sosialisasi Safety Riding & Driving. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Millenial Road Safety Festival 2019 Mewujudkan Millennial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang.

Kegiatan tersebut dilaksanankan mulai pukul 07.00 WIB s.d 11.00 WIB di Aula Pondok Pesantren Al-Basyariah Desa Cigondewah Hilir Kecamatan Margaasih Polres Cimahi, Jumat (15/2) 

Ada pun pelaksana dan peserta yang terlibat Kabag Sumda Polres Cimahi, Kapolsek Margaasih Polres Cimahi,Kasat Lantas Polres Cimahi, Pimpinan Ponpes Al-Basyariah Buya Saeful Basyari, Ust.  Zen Anwar Saeful Basyari, Mabigus Ponpes Al-Basyariah Ust.Endang Suhendar, S.Ag, Kasi Propam Polres Cimahi, PA Sat Lantas Polres Cimahi, Kanit Turjawali Sat Sabhara Polres Cimahi, Kanit Lantas Polsek Margaasih, PA Polsek Margaasih Polres Cimahi, Personel Satlantas Res Cimahi, Personel Sabhara Polres Cimahi, Personel Polsek Margaasih Res Cimahi, Staf Jajaran Ponpes Al-Basyariah dan santri/santriwan sebanyak 6.000 orang.

Rangkaian kegiatan nya yaitu Persiapan, Pembukaan MC, Sambutan Kapolres Cimahi diwakili Kapolsek Margaasih. Sambutan Pimpinan Ponpes Al-Basyariah, Pembacaan Deklarasi Generasi Milenial & Ikrar Anti Hoax oleh Perwakilan Santri/santriwan Ponpes Al-Basyariah dan pemberian cenderamata Tenis Meja oleh Kasat Lantas Res Cimahi kepada Pimpinan Ponpes Al-Basyariah, pembacaan doa oleh Mabigus Ponpes Al-Basyariah Ust.  Endang Suhendar, S.Ag;

Kemudian sambutan sekaligus sosialisasi oleh Kasatlantas Polres Cimahi tentang Safety Riding & Driving dalam rangka Millenial Road Safety Festival 2019 Mewujudkan Millennial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang dan sesi tanya jawab dan pemberian doorprize serta simulasi praktek safety riding di lapang Ponpes Al-Basyariah.

Kapolres Cimahi melalui Kapolsek Margaasih menyampaikan latar belakang dan Sosialisasi Millenial Road Safety Festival 2019. Mewujudkan Millennial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang.

Penjelasan Road Safety dalam 5 (lima) Pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) lalu lintas dengan memberi pemahaman tentang cara berkendara yang aman dan berkeselamatan sesuai dengan aturan yang berlaku. Aturan hukum dalam berlalu lintas dan memberikan penjelasan faktor penyebab kecelakaan. Yaitu Faktor Manusia, Kendaraan, Jalan, Alam, penjelasan marka jalan dan memberikan penjelasan etika berkeselamatan dalam berkendara serta etika pada saat menyebrang di jalan raya. Selanjutnya penjelasan rambu-rambu larangan, peringatan, perintah dan petunjuk lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Suharto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut untuk Mewujudkan Generasi Millennial Cinta Lalu lintas menuju Zero Accident Indonesia Gemilang. Selain itu juga untuk menumbuhkan peran generasi milenial terhadap road safety. Pelopor tertib berlalu lintas, pelopor terwujudnya road safety, menjadi bagian dari road safety center, mendukung modernisasi di bidang road safety, mendukung penegakan hukum lalu lintas dan menjadi motivator dalam implementasi road safety.

Terbangunnya budaya tertib berlalu lintas khususnya di kalangan generasi milenial dan terwujudnya program keselamatan secara terprogram dan berkeseimbangan dengan  adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, Agar para siswa -siswi tidak menjadi korban atau pelaku narkoba, kenakalan remaja (perilaku LGBT),  penyiar berita bohong (hoax) dan bijak dalam menggunakan sosmed. 

” Selain itu juga untuk mempererat hubungan kedekatan antara Polantas dengan generasi milenial khususnya siswa/i Ponpes Al-Basyariah sehingga dapat memahami dan mengetahui serta ikut peduli terhadap keselamatan di jalan dan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU no 22 th 2009 ttg LLAJ, dengan harapan terciptanya perubahan mindset berlalu lintas menjadi tertib,” jelas Suharto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here