Reporter : Sam AS/Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Berdasarkan aturan, di hari tenang, mulai Rabu (23/03), para Calon Kades dilarang melakukan kegiatan yang berbau kampanye. Namun nyatanya, Calon Kades Mekargalih Kecamatan Ciranjang Cianjur, nomor urut 1, Taryat Bibrata,  tak ada hentinya melaksanakan berbagai kegiatan yang berbau kampanye.

Seperti melakukan kunjungan ke rumah tokoh masyarakat dengan mengumpulkan massa. Menyelenggarakan acara tangkap ikan gratis di sawah bagi warga. Mancing gratis di kolam miliknya dan kolam lainnya yang ada di sekitar Desa Mekargalih. Karuan saja hal tersebut membuat pening kepala panitia Pilkades Mekargalih.

Salah seorang warga Desa Mekargalih yang ikut mancing gratis, Wawan (38) mengatakan, memang benar Calon Kades Mekargalih Urut 1. Taryat Bibrata telah menyediakan 7 kolam pemancingan gratis. Konon katanya, kolam tersebut dikelola langsung para pemuda Desa Mekergalih yang dianggap tim suksesnya

Seperti kolam pemancingan yang ada dibelakang rumah milik Calon No. 1 yang sekarang sedang ramai dipancing warga. Sedangkan lokasi 6 kolam lainnya kurang begitu tahu lokasinya dan tiga hari sebelumnya, Calon Kades No 1 telah menyelenggarakan acara tangkap ikan mas di sawah yang diikuti banyak warga.

Hal itu dilakukan tiada lain, untuk mencari simpatisan warga. Supaya pada pelaksanaan pemungutan suara nanti bisa memperoleh suara terbanyak diantara calon kades lainnya. “ Hal tersebut atas dasar permintaan warga itu sendiri, sedangkan Calon No. 1 tidak ada niatan sebelumnya,” jelas Wawan pada awak media.

Sementara itu, Taryat Bibrata saat ditemui mengatakan, mancing di kolam belakang rumahnya, itu mancing biasa yang tiap pekan dilaksanakan. Hasil pancingannya ditimbang dan  dibeli sesuai berat timbangannya.

Mengenai diadakannya mancing ditempat lain, itu mungkin hanya rumor belaka dan hal itu benar. Taryat menegaskan, pihaknya tidak mengetahuinya sama sekali. Kalau pun memang ada yang mancing gratis,  itu mungkin pihak lain saja. Demikian juga mengenai adanya tangkap ikan di sawah itu bukan pihaknya yang menyelenggarakan.

“ Kalau mengenai kunjungan ke tempat lain dalam waktu hari tenang, itu memang benar adanya. Tapi itu sedang kunjungan pada saudara dan kebetulan warga sekitar pada datang dengan seketika dan saya tidak pernah mengetahui adanya larangan dari pihak Panitia Pilkades,” kilah Taryat Bibrata.

Dilain pihak, Ketua Panitia Pilkades Mekargalih Kecamatan Ciranjang, Zainal Mutaqin mengatakan, memang benar adanya, pihak Panitia dan BPD setelah dilaksanakan test akademis, dipusingkan dengan berbagai permasalahan. Termasuk yang datang dari 5 Balon Kades yang tidak masuk nominasi. Namun berkat kerja sama yang solid, akhirnya semua tahapan Pilkades bisa diselesaikan dengan tertib dan aman.

Tapi ternyata tidak cukup sampai disana. Baru-baru ini setelah selesai batas waktu kampanye, masih ada Calon Kades yang melaksanakan kunjungan pada masyarakat. Padahal jauh sebelumnya larangan kampanye dihari tenang telah disepakati bersama saat musyawarah penjadwalan kampanye yang diklaksanakan di aula Kantor  Kecamatan Ciranjang. Hingga seluruhnya sepakat. Tapi ternyata masih ada calon yang nyeleneh berkampanye.

Adanya kampanye terselubung, pihaknya telah menegur calon yang bersangkutan. “ Kedepannya semoga saja tidak terdengar lagi adanya salah seorang  calon yang melanggar komitmen bersama, supaya pihak panitia fokus pada pekerjaan mengahadapi pelaksanaan pencoblosan nanti,” ucap Zaenal Mutaqin.

Mancing gratis yang diselenggarakan di belakang rumah Taryat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here