Diduga Gunakan Ijazah Paket C Aspal, Calon No 1 Kades Sukaraharja Akan Dipolisikan

0
230
Tim Relawan No. 02 Deden Calon Kades Sukaraharja Cibeber sedang berada di aula DPMD Cianjur / photo Apip

Laporan : Sam Apip

Editor : YH

Cianjur, metropuncaknews.com – Pada perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, pada 17 Juli 2022, Ajuk Calon Kades No 01 dipolisikan kuasa hukum Calon Kades No 2 Dadan.

Hal ini terjadi lantaran diketahui adanya kejanggalan dalam titi mangsa terbitnya ijazah paket C milik Ajuk yaitu pada 02 Mei 2020, sedangkan Ajuk saat itu masih di Saudi Arabia menjadi TKI dan pulangnya ke kampung halaman pada tahun 2021, Selasa (09/08/22).

Asep Zakaria selaku pendamping calon no urut 2 menerangkan, barusan pihaknya sudah melaksanakan audensi dengan pihak DPMD Kabupaten Cianjur, menyodorkan tentang aturan adanya dugaan persyaratan menggunakan ijazah Paket C, itu melanggar Permen No.16 pasal 1, No.32/2017, ketika mekanisme tidak ditempuh dan terbukti bahwa ijazah itu tidak sesuai maka unsur pidana dan perdata tetap berjalan dan bila terbukti biarpun telah dilantik maka itu bisa dibatalkan.

“Ijazahnya Paket C yang dimasukkan tapi bukan bentuk ijazahnya yang sudah diterbitkan pihak PKBM melainkan masalah mekanismenya yang tidak sesuai dengan permen Dikbud No 3/2017, pasal 18 ayat 1, sistem pendidikan Nasional pasal 61 /2003, itu tidak ditempuh,”

Selain itu pada ijazah Paket C terduga tidak adanya sidik jari pemiliknya, setelah diklarifikasi ke PKBM selaku pengelola ijazah tersebut, maka bila ijazah tidak dibubuhi sidik jari, ijazah tersebut belum dianggap sah.

Langkah seterusnya tim lewat kuasa hukumnya akan menempuh aturan yang berlaku, terus melaksanakan upaya biarpun terduga sudah dilantik, akan melakukan gugatan Tata Usaha Negara (TUN) dan akan melaporkan dugaan ijazah palsu pada Polres Cianjur dan pengaduan keduanya akan dilakukan secara berbarengan, ucapnya.

Sementara itu, Kabid DPMD Kabupaten Cianjur, Dendy Kristanto menambahkan, memang benar bahwa pihaknya barusan telah kedatangan beberpa orang tim relawan No urut 2 Calon Kades Sukaraharja Kecamatan Cibeber, dengan tujuan menyampaikan keberatan adanya dugaan pelanggaran Calon Kades No urut 1 sdr. Ajuk mengenai Ijazah Paket C.

Penyampaian keberatan adanya dugaan tersebut, itu hanya sebagai catatan saja, tapi untuk lebih akuratnya lagi alangkah bijaknya jika hal tersebut langsung dilaporkan pada pihak yang berkompeten, yaitu dilaporkan pada Kepolisian, karena hal itu merupakan pelanggaran pidana.

“Kami dari DPMD akan terus melaksanakan regulasi sesuai tahapan Pilkades, mulai dari awal pelaksanaan pendaftaran hingga sampai pelantikan, seiring dengan itu dipersilahkan pada tim relawan yang menemukan pelanggaran pidana silahkan segera laporkan pada pihak Kepolisian,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here