Laporan : Adv/Moch. Ikhsan

Cianjur, metropuncaknews.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terus mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia, salah satunya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), atau yang dikenal dengan istilah bedah rumah. 


Di Kecamatan Cianjur, ratusan unit rumah tidak layak huni (Rutilahu), hampir selesai dibangun. Para penerima bantuan di Kelurahan Muka, Pamoyanan, Sawahgede, sudah dapat menikmati hasilnya. 


Lurah Muka, Sopyan Sauri, mengatakan, 100 unit program BSPS, yang ada di Kelurahan Muka, mendapat respon positif dari berbagai pihak, terutana bagi penerimanya langsung. 


“Hal ini, terbukti dengan antusianya penerima bantuan, yang memanfaatkan program tersebut,” terang Sopyan Sauri.


Dia berharap, para penerima bantuan bisa memaksimalkan hasil dari pembangunannya. Berdasarkan hasil pantauan pihaknya, kegiatan BSPS secara teknis berjalan lancar.


“Baik dari segi penyedia material, target pembangunan dan realisasi penyalurannya. Alhamdulillah, kami tidak mendengar adanya penyelewengan dari program BSPS tersebut,” kata Sopyan.


Pihaknya mewakili para penerima bantuan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh leading sektor, yang telah berkontribusi melaksanakan program tersebut. 


“Terutama kepada pemberi aspirasi. Semoga program ini dapat berlanjut di tahun berikutnya, karena di wilayah Muka, masih banyak masyarakat yang mememerlukannya,” ungkap Sopyan.

Terpisah, Lurah Sawagede, Indra Sunggara, mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan monitoring bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan fasilitator (TFL BSPS), yang ditunjuk oleh Dinas Kimruntan, serta tim asistensi dari Kelurahan Sawahgede, agar program berjalan dengan baik dan hasilnya, betul-betul dirasakan oleh penerima bantuan. 


“Kami atas nama masyarakat dan penerima bantuan BSPS, mengucapkan banyak terima kasih, yang sebesar-besarnya kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah serta Anggota DPR RI, yang telah memfasilitasi kegiatan BSPS ini. Tentunya, program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, untuk mendorong motivasi masyarakat meningkatkan kualitas rumahnya, dari tidak layak huni menjadi layak huni,” katanya.


Indra berharap, dengan adanya program BSPS, semoga penerima bantuan bisa menjadi lebih sejahtera. “Semoga tahun depan Kelurahan Sawahgede, mendapatkan batuan BSPS lagi, karena masih banyak warga Kelurahan Sawahgede, yang masih membutuhkan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here