Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Belum lama ini pemerintah Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang Cianjur Jawa Barat, dilanda bencana longsor. Tepatnya di Kp. Cisalakgirang RT 01/01 perbatasan Desa Sukawangi dan Desa Sukajaya Cugenang Cianjur. Menyikapi hal itu, pemerintah Desa Sukawangi sigap sikapi bencana yang terjadi di wilayahnya itu.

Pada hari pertama Kepala Desa Sukawangi H. Ahmad Dedi S langsung datang ke lokasi untuk meninjau situasi. Selanjutnya pada Senin (14/06t2021), pihaknya menurunkan alat berat untuk mengevakuasi material longsoran yang menutupi badan jalan. Maksudnya agar jalan dapat segera dilalui kendaraan.

“Akses jalan tak bisa dilalui warga, karena material lonsor menutupi badan jalan. Tindakan yang akan kami lakukan bergotong royong bersama masyarakat untuk membersihkannya,” kata Dedi, Senin (14/06/2021).

Lantaran material longsor cukup berat/banyak, lanjut Dedi, untuk mengevakuasi longsoran tersebut, kita bersepakat menggunakan alat berat.

“ Hari ini saya beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama warga mengevakuasi material longsor yang terjadi pada hari Jumat di Kp. Cisalakgirang. Pada evakuasi ini kita menggunakan alat berat jenis eskavator kemudian materialnya diangkut menggunakan truk,” kata Dedi, Minggu (13/6).

Dedi juga menyampaikan, lokasi tersebut merupakan akses jalan masyarakat yang terbagi atas dua kepemilikan. Yakni Pemerintah Desa Sukajaya dan Desa Sukawangi. Sedangkan lokasi terjadinya longsor, adalah tebing sawah milik warga Desa Sukawangi.

” Saat ini upaya yang kita prioritaskan adalah mengevakuasi material longsor,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here