Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kepala Dusun (Kadus), Pemerintahan Desa Sukasari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur, kini tengah sibuk melakukan seleksi penjaringan calon perangkat desa.

Seleksi tersebut diselenggarakan mengacu pada aturan yang berlaku. Seperti Peraturan Bupati No 12/2018 Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa dan Peraturan Bupati No. 22/2019 Tentang Perubahan Atas Perbup No 13/2018.

Penjaringan calon aparat desa tersebut dilaksanakan pihak Panitia pelaksana yang sebelumnya dibentuk dan ditetapkan kepala desa dan BPD Sukasari. Adapun  susunan panitia seleksi, Ketua Ahmad Husen, S.Pd, M.Pd, Sekretaris Rahmat, S.Pd, Anggota Usep, Riki dan Aris.

Kepala Desa Sukasari Dadan menjelaskan, dilaksanakannya penjaringan calon perangkat Desa Sukasari tersebut, karena adanya  kekosongan 2 jabatan perangkat desa. Yaitu, Sekdes dan Kadus.

Kekosongan jabatan Sekdes, sambung Dadan, karena Sekdes Sukasari yang lama seorang ASN yang sekarang bertugas di Kantor Kecamatan Karangtengah. Sedangkan kekosongan jabatan Kadus, karena Kadus yang lama usianya sudah melebihi yang ditentukan dalam peraturan. Karena itu, pihaknya langsung melaksanakan penjaringan calon Sekdes dan Kadus.

Dadan menegaskan, pihaknya tidak serta merta melakukan seleksi. Tapi terlebih dahulu membentuk Panitia pelaksana seleksi yang dipilih dan ditetapkan pihak Kepala Desa dan BPD Sukasari.

Karena itu, sekarang pihak panitia sedang melaksanakan tahapan seleksi. Nampak para calon peserta seleksi cukup antusias, hingga panitia sudah menerima pendaftar sebanyak 5 orang peserta.

“ Kami berharap, pelaksanaan seleksi Sekdes dan Kadur berjalan lancar dan nantinya siapapun orangnya yang lolos semoga mampu melaksanakan tugas dengan baik dan benar,” harap Dadan.

Sementara itu, Ketua panitia seleksi Prangkat Desa Sukasari, Ahmad Husen (59) menambahkan, para peserta seleksi cukup antusias mengikuti tahapan seleksi. Hal itu terlihat dari para pendaftar yang dibutuhkan 2 orang nyatanya yang mendaftar ada 5 orang.

Pelaksanaan tahapan seleksi diantaranya, Selasa 21 Juli pemeriksaan kelengkapan berkas syarat2 calon. Rabu 22 Juli, pengumuman daftar calon perangkat desa. Kamis, 23 Juli, pelaksanaan test tulis, wawancara,  dan peraktek IT, dan Sabtu 25 2020, pengumuman hasil test seleksi.

“ Maka dengan dilaksanakanya seleksi perangkat desa, semoga Desa Sukasari kedepannya lebih maju dan sejahtera,” ucap Ahmad Husen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here