Acara penyuluhan hukum di aula Desa Sukaratu

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk  meningkatkan kesadaran masyarakaat akan hukum, Pemerintahan Desa Sukaratu Kecamatan Gekbrong Cianjur Jawa Barat, menggelar acara penyuluhan hukum. Diharapkan, dengan adanya penyuluhan hukum tersebut, akan  terbentuk ketertiban, ketaatan dan kepatuhan terhadap norma hukum demi terciptanya kepastian hukum di masyarakat. Acara tersebut digelar di aula Desa Sukaratu, Selasa (13/11).

Hadir pada kegiatan tersebut sebagai narasumber diantaranya, Kabag Hukum Cianjur Bambang Muhammad Abdillah, Asisten Daerah (ASDA) Bidang Administrasi, Budi, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Drs.Basuki, Kepala Pengadilan Agama Cianjur, Drs.H.A. Jazuli, M.Ag,  Camat Gekbrong , H.Adang Sumaryadi, Kepala  P2TP2K serta para tokoh ulama dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu Bambang mengatakan, hukum itu tumbuh dan berkembang di masyarakat termasuk bergeraknya hukum juga diawali dari masyarakat. Maka melalui penyuluhan hukum yang dikemas dengan tema kesadaran hukum dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan dapat mengefektifkan proses penegakan hukum di Indonesia sebagai negara hukum.

” Penyuluhan hukum ini sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945 pasal 1 ayat 3 yang berbunyi negara Indonesia adalah negara hukum,” jelas Bambang.

Sementara Camat Gekbrong, H. Adang Sumaryadi mengatakan, penyuluhan hukum diadakan untuk menegakkan kesadaran hukum masyarakat umum. Sehingga masyarakat mengetahui dan memahami hak dan kewajibannya. Selain itu, juga kesadaran aparat penegak hukum demi terwujudnya kesadaran masyarakat terhadap hukum.
Adang berharap, dengan adanya penyuluhan ini, masyarakat dapat melihat terhadap hukum yang berlaku. Untuk itu, dilakukan  pengawasan terhadap masyarakat yaitu melalui  aparat penegak hukum, seperti polisi dan jaksa.

Lebih lanjut Adang mengatakan, setiap masyarakat mempunyai kedudukan yang sama dihadapan hukum. Karenya diharapkan masyarakat paham tentang hak-hak dasar mereka tentang kesamaan tersebut.
“ Maka melaui penyuluhan ini diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat tentang profesi aparat penegak hukum dalam kaitan bagaimana dalam menjalankan profesinya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here